STIPENDIUM MENURUT GEREJA KATOLIK

AMPLOP STIPENDIUM
Dalam gereja Katolik kita sering mendengar kata Stipendium dalam perayaan Ekaristi atau misa. Tetapi tidak banyak umat yang tahu akan arti dari stpiendium itu.

Lalu apa sebenarnya Stipendium itu??? 
Stipendium adalah sejumlah uang tertentu yang diberikan oleh umat beriman kepada seorang Pastur atas sebuah intensi atau ujub doa tertentu. Umat biasanya memberikan sejumlah uang didalam sebuah amplop yang sudah diberi tulisan atas intensi doa yang ingin di ujubkan dalam Ekaritsti tersebut. Uang yang dimasukan dalam amplop itulah yang di sebut stipendium.

Berapa jumlah yang harus diberikan dalam amplop stipendium?
Dalam memberikan stipendium tidak ada kriteria besaran yang ditentukan. Seberapa besar atau kecilnya uang yang harus dikasihkan, itu bagaimana kemampuan kita untuk memberi.
Ekaristi harus tetap berjalan meskipun ada intensi atau ujub doa yang tidak ada stipendium didalamnya. Jadi ada stipendium ataupun tidak, intensi doa dalam sebuah Ekaristi harus tetap berjalan.

Ada hal yang harus di pertanggung jawabkan dalam pemberian stipendium dalam Ekaristi. Karena hak dari uang stipendium adalah sepenuhnya milik Pastur atau Imam yang menyelenggarakan Ekaristi. Namun Kesukupan, mengatur kembali akan ketetapan stipendium tesebut secara berbeda-beda setiap kebijakannya.

BACA JUGA:
. HUKUM KASIH DALAM GEREJA KATOLIK
. KOMUNI ADALAH

Stipendium yang sebenarnya dapat dilakukan oleh Pastur adalah satu Intensi untuk satu misa. Jika dalam satu misa ada lebih dari satu intensi, maka Pastur hanya dapat mengaplikasikan satu intensi untuk satu misa yang diselenggarakan pada saat itu. Dan jika lebih dari satu intensi, maka Pastur harus mengimplementasikan intensi dalam misa-misa selanjutnya. Atau jika Pastur tersebut tidak sanggup, maka ia dapat memberikan intensi yang berisikan stipendium itu kepada Pastur yang lain.

Stipendium merupakan pemberian uang secara sukarela dari umat untuk intensi doa mereka. Sripendium diperkenalkan kepada umat supaya tercipta suatu kerjasama dalam menghargai pelayanan para Pastur.

0 Response to "STIPENDIUM MENURUT GEREJA KATOLIK"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel