KOMUNI ADALAH


Komuni adalah salah satu pernyataan iman katolik dengan cara menerima Tubuh dan Darah Kristus dalam suatu Ekaristi kudus. Didalam Perayaan Ekaristi gereja, umat berhak menerima komuni bagi mereka yang sudah memenuhi ketentuan gereja. Ketentuan untuk menerima komuni diantaranya yang pertama adalah mereka yang sudah dibaptis secara sah oleh gereja. Kedua, bagi mereka yang sudah merima komuni pertama, biasanya  bagi anak-anak dengan ketentuan usia kurang lebih 10 tahun atau setara dengan kelas lima Sekolah Dasar (SD). Komuni merupakan Tubuh Kristus berupa roti yang sudah dikonsekrasi dalam doa syukur agung. Selain itu juga komuni adalah tampilan yang paling nyata dari Allah sendiri yang hadir ditengah kita. Dalam menyambut komuni kita perlu mengambil sikap yang baik, mulai mengikuti perayaan Ekaristi secara lengkap dari ritus pembuka (awal) sampai ritus penutup (akhir).

Bagian komuni merupakan peristiwa penting yang terdapat didalamnya. Bagian dari peristiwa itu ada empat yaitu, peristiwa diambil, diberkati, dipecah-pecahkan dan dibagikan. Peristiwa ini dilakukan dalan doa syukur agung dalam bentuk konsekrasi.
Sikap dalam menyambut komuni harus dengan pemahaman yang baik. Bagaimana kita akan menyambut Tuhan maka sebaiknya perlu mengambil sikap yang hormat. Selain sikap juga pakaian yang kita gunakan, hendaknya kita memakai pakaian yang sopan dan tertutup.
BACA JUGA : 

Bagaimana cara kita dalam menyambut komuni, apakah dengan tangan atau dengan mulut? Kita sering melihat dalam Ekaristi ketika seseorang menyambut komuni langsung dengan mulut. Lalu apakah itu benar? Penerimaan komuni secara umum biasanya dengan menggunakan tangan (tangan kiri menumpang diatas tangan kanan), karena kita menganggap tangan kita layak dan pantas menerima komuni Tubuh Kristus. Tentu berbeda jika dibandingkan pada jaman dahulu, pemahaman tentang tubuh kita itu dianggap najis untuk menerima komuni, maka langsung diberikan kedalam mulut. Hendaknya kita wajib, sebelum dan sesudah menerima komuni hendaknya kita berdoa dahulu.
Bagaimana bila ada umat Protestan ingin menyambut komuni? Boleh atau tidak?
Pada dasarnya komuni adalah pernyataan iman yang diyakini, jadi tidak mungkin seseorang menyatakan iman yang mereka tidak di imani. Jika kita percaya kepada gereja yang kita imani, tetapi kita menyambut komuni yang adalah tanda pernyataan iman maka akan memiliki keterpecahan ajaran dan keyakinan. Maka jika komuni yang berupa roti bukan hal yang mereka imani tidaklah perlu untuk menerimanya. Karena bagi gereja katolik, komuni bukan hanya menerima hosti atau roti saja, namun memiliki makna yang tinggi untuk dihormati. Maka jika tidak mengimani dan percaya tidaklah seharusnya untuk menerima hosti bagi umat yang bukan katolik.

0 Response to "KOMUNI ADALAH"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel