TANDA SALIB

Dalam gereja katolik membuat tanda salib merupakan hal yang wajib dilakukan ketika akan berdoa. Hal ini yang menjadi salah satu ciri khas orang katolik dengan membuat tanda salib. Tanda salib dilakukan dengan mengucapkan “Dalam nama Bapa, Putera, dan Roh Kudus, Amin”. Pembuatan tanda salib dilakukan dengan jari tangan kanan dengan ketentuan: Dalam Nama Bapa (di dahi), Putera (di dada), dan Roh kudus (di bahu kanan dan kiri) dan Amin (tangan tertutup). 
Dalam bahasa Inggris : In the name of the Father, and of the Son, and of the Holy Spirit, Amen. Sedangkan dalam bahasa latin : In nomine Patris, et Filii,et Spiritus Sancti,Amen.

Dalam segala hal yang kita lakukan dan juga kegiatan keseharian, kita juga perlu membuat tanda salib. Hal ini merupakan suatu simbol dalam Iman Katolik yang kita miliki. 
Dalam Alkitab Tanda salib menjadi tradisi gereja yang memang tidak tercatat secara terperinci, bagaimana menempatkan tanda salib yang benar di bagian tubuh kita.
Tanda salib menjadi suatu tradisi kita umat Katolik dalam beribadah dan juga tanda materai secara fisik yang perlu kita banggakan sebagai umat kristiani. Keimanan kita terhadap Kristus dan Trinitas yang membuat kita sebagai umat beriman untuk membuat tanda salib. Kita perlu bangga untuk membuat tanda Salib, karena ada juga yang bukan orang katolik tetapi mereka juga membuat tanda itu. 
Terkadang kita sebagai umat katolik sendiri sering merasa malu membuat tanda salib jika berada di tempat umum.  Misalkan kita berada direstoran umum ketika hendak mau makan, terkadang kita merasa malu untuk membuat tanda salib. Sehingga terkadang kita buat tanda salib dalam hati, atau tidak sama sekali. Hal ini menunjukan bahwa kita mengimani Yesus tidak dengan sungguh-sungguh. Jika kita mengimani kristus secara mendalam dan bangga dengan katolik, kita tidak akan merasa malu membuat tanda salib di depan umum.

BACA JUGA :

Hal yang perlu diperhatikan dalam membuat tanda salib perlu dibuat dengan benar (tidak boleh sembarangan atau asal-asalan). 
Bagaimana membuat Tanda salib yang benar? Terkadang kita sering meihat orang membuat tanda salib dengan menggunakan satu jari, dua jari, tiga jari atau lima jari. 
Makna dan penjelasan tentang tanda salib menggunakan satu jari, dua jari, tiga jari atau lima jari :
1. Dengan satu jari : menunjukan ke-Esa’an Tuhan (Tuhan yang satu). 
2. Dengan dua jari : melambangkan kodrat Yesus sebagai manusia dan sebagai Allah.
3. Dengan tiga jari : menujukan Trinitas, Allah Bapa, Allah Putra, Allah Roh Kudus.
4. Dengan lima jari : menjukan lima luka Yesus
Membuat tanda salib bagi orang katolik harus dilalukan dalam keadaan apapun dan dimanapun. Hendaknya kita merasa bangga dengan tanda salib yang kita buat. Jangan malu dan takut ketika harus membuat tanda salib didepan umum. Tanda salib adalah bentuk keimanan kita kepada Kristus dan Trinitas (Allah Bapa, Allah Putera, dan Allah Roh Kudus, Amin).

0 Response to "TANDA SALIB"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel