HUKUM KASIH KATOLIK DALAM ALKITAB

HUKUM KASIH

Hukum kasih adalah hukum yang utama dalam hidup kita. Didalam inji Matius 22:34-40 diceritakan seoarang ahli taurat yang berbicara kepada Yesus tentang hukum yang utama dan terutama dalam hukum Taurat. Lalu Yesus menjawab kepadanya: "Kasihilah Tuhan, Allahmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu dan dengan segenap akal budimu". Itulah hukum yang terutama dan yang pertama, dan hukum yang kedua yang sama dengan itu ialah "Kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri".

Perintah hukum yang pertama tentang mengasihi Allah merupakan rujukan dari Kitab Ulangan 6:5 “Kasihilah Tuhan, Allahmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap kekuatanmu”, sedangkan hukum yang kedua tentang mengasihi sesama dirujuk dari Kitab Imamat 19:18 “Janganlah Engkau menuntut balas, dan janganlah menaruh dendam terhadap orang-orang sebangsamu melainkan kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri”. Kedua hukum taurat ini merupakan pusat dari hukum taurat. Kita akan mendapat kerajaan surga ketika kedua hukum taurat ini dapat kita laksanakan dengan sebaik-baiknya dalam kehidupan kita.

Dengan Hukum Taurat diatas, Yesus ingin menegaskan bahwa dasar hidup orang beriman adalah kasih. Dimana kasih merupakan hal yang utama dari semua hukum yang diajarkan Tuhan dalam Taurat. Kasih kepada Allah dan kepada Sesama dengan segenap hati, jiwa, dan budi haruslah kita curahkan sepenuhnya. 

Mengapa dalam hukum taurat kita harus mengasihi Allah?
Karena Allah sendiri yang terlebih dahulu mengasihi kita, kasih yang ditunjukan Allah dengan mengorbankan Putranya Yesus Kristus yang mati di kayu salib. Ini adalah kasih Allah yang paling besar untuk kita umat manusia. 

Kasih kepada Allah juga harus berbuah terhadap kasih untuk sesama kita. Karena kasih kepada sesama merupakan bentuk nyata yang kita tunjukan kepada Allah. Jika kita memusuhi sesama maka kita juga secara tidak langsung memusuhi Allah. Ketika kita menolak sesama kita untuk hidup dalam kasih maka kita juga sedang menolak Allah, dimana Allah yang menciptakan sesama kita sama seperti kita. 

Hukum Taurat ini merupakan dua hal yang saling berkaitan, kasih kepada sesama yang merupakan praktik kasih yang juga harus menjadi keutamaan hidup seorang beriman sebagai mana praktik kasih kepada Allah. Banyak contoh yang kita dapat lakukan untuk sesama dalam hukum kasih ini. Misalnya memberikan perhatian kepada sesama kita, memberikan bantuan kepada meraka yang membutuhkan, memberikan semangat hidup ketika mereka sedang putus asa, dan mendoakan mereka ketika membutuhkan rahmat dalam hidup mereka. Ini merupakan contoh yang nyata dan baik untuk kita laksanakan dalam menjalankan Hukum Kasih yang sesungguhnya. Kasih merupakan hal yang sangat besar pengaruhnya dari pada bentuk tindakan kejahatan yang sering kali kita lihat.

Hukum kasih perlu kita laksanakan sebagai murid Yesus, kita diajak untuk menyebarkan kepada sesama kita kasih yang sejati. Sebagai langkah nyata yang dapat kita dapat lakukan sebagai murid Allah.

1 Response to "HUKUM KASIH KATOLIK DALAM ALKITAB"

  1. Shalom bapak, ibu dan saudara/i yang dikasihi oleh Tuhan. Apakah ada diantara bapak, ibu maupun saudara/i yang pernah mendengar tentang Shema Yisrael dan V'ahavta? Kalimat pernyataan keesaan YHWH ( Adonai/ Hashem ) dan perintah untuk mengasihiNya yang dapat kita temukan dalam Ulangan/ דברים/ Devarim 6 : 4 - 5 yang juga pernah dikutip oleh Yeshua/ ישוע/ Yesus di dalam Injil khususnya dalam Markus 12 : 29 - 31( juga di Matius 22 : 37 - 39 dan Lukas 10 : 27 ), sementara perintah untuk mengasihi sesama manusia dapat kita temukan dalam Imamat/ ויקרא/ Vayikra 19 : 18. Mari kita pelajari cara membacanya satu-persatu seperti yang akan dijabarkan di bawah ini :

    Ulangan/ דברים/ Devarim 6 : 4 - 5, " שְׁמַ֖ע יִשְׂרָאֵ֑ל יְהֹוָ֥ה אֱלֹהֵ֖ינוּ יְהֹוָ֥ה ׀ אֶחָֽד׃. וְאָ֣הַבְתָּ֔ אֵ֖ת יְהֹוָ֣ה אֱלֹהֶ֑יךָ בְּכׇל־לְבָבְךָ֥ וּבְכׇל־נַפְשְׁךָ֖ וּבְכׇל־מְאֹדֶֽךָ׃. "

    [ Cara membacanya dengan mengikuti aturan tata bahasa Ibrani yang berlaku, " Shema Yisrael! YHWH [ Adonai ] Eloheinu, YHWH [ Adonai ] ekhad. V'ahavta e YHWH [ Adonai ] Eloheikha bekol levavkha uvkol nafshekha uvkol me'odekha ]

    Imamat/ ויקרא/ Vayikra 19 : 18, " וְאָֽהַבְתָּ֥ לְרֵעֲךָ֖ כָּמ֑וֹךָ. "

    [ Cara membacanya dengan mengikuti aturan tata bahasa Ibrani yang berlaku, " V'ahavta l'reakha kamokha " ]

    Untuk artinya dapat dilihat pada Alkitab LAI.

    Diucapkan juga kalimat berkat seperti ini setelah diucapkannya Shema

    " . בָּרוּךְ שֵׁם כְּבוֹד מַלְכוּתוֹ לְעוֹלָם וָעֶד. "
    ( Barukh Shem kevod malkuto, le'olam va'ed, artinya Diberkatilah Nama yang mulia, KerajaanNya untuk selamanya )
    🕎✡️🐟🤚🏻👁️📜✍🏼🕯️❤️🤴🏻👑🗝️🛡️🗡️🏹⚖️⚓🕍✝️🗺️🌫️☀️🌒⚡🌈🌌🔥💧🌊🌬️❄️🌱🌾🍇🍎🍏🌹🍷🥛🍯🦁🦅🐂🐏🐑🐎🦌🐪🕊️🐍₪🇮🇱

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel