RENUNGAN HARIAN KATOLIK SELASA, 21 JANUARI 2020

RENUNGAN HARIAN KATOLIK
SELASA, 21 JANUARI 2020
PEKAN BIASA II (Warna Liturgi Merah)
Pw. Sta. Agnes; Pwr Mrt
BACAAN I: 1Sam. 16:1-13
MAZMUR: 89:20.21-22.27-28
BACAAN INJIL: Mrk. 2:23-28

Injil Markus 2:23-28
Pada suatu kali, pada hari Sabat, Yesus berjalan di ladang gandum, dan sementara berjalan murid-murid-Nya memetik bulir gandum. Maka kata orang-orang Farisi kepada-Nya: "Lihat! Mengapa mereka berbuat sesuatu yang tidak diperbolehkan pada hari Sabat?" Jawab-Nya kepada mereka: "Belum pernahkah kamu baca apa yang dilakukan Daud, ketika ia dan mereka yang mengikutinya kekurangan dan kelaparan,  bagaimana ia masuk ke dalam Rumah Allah waktu Abyatar menjabat sebagai Imam Besar lalu makan roti sajian itu  —  yang tidak boleh dimakan kecuali oleh imam-imam  —  dan memberinya juga kepada pengikut-pengikutnya?" Lalu kata Yesus kepada mereka: "Hari Sabat diadakan untuk manusia dan bukan manusia untuk hari Sabat, jadi Anak Manusia adalah juga Tuhan atas hari Sabat."

RENUNGAN:
Daud anak bungsu Isai diabaikan, mungkin karena diandaikan dia tak mungkin dipilih Tuhan. Namun justru dialah yang dipilih untuk diurapi Samuel sebagai raja: “Bukan yang melihat manusia yang dilihat Allah; manusia melihat apa yang didepan mata , tetapi Allah melihat hati”. Kebesaran Daud terjadi karena dia selalu dekat dengan Tuhan, tak ada Raja Israel yang begitu dekat dengan Tuhan seperti Daud. Tak ada Raja Israel yang dipandang sebagai “Nabi” seperti Daud, sehingga menjadi acuan bagi siapa yang mau mengikuti sabda Tuhan.

BACA JUGA:

Para murid sambil berjalan memetik bulit-bulir gandum untuk dimakan, padahal itu hari Sabat yang melarang orang bekerja . karena itu, orang Farisi menegur mereka. Tetapi Yesus bercermin dari Daud dan pengikutnya yang kelaparan dan makan roti sajian yang sebenarnya hanya boleh dimakan oleh imam. Yesus menegaskan bahwa peraturan dibuat untuk keselamatan manusia, bukan sebaliknya; “Hari Sabat diadakan untuk manusia dan bukan manusia untuk hari sabat”. Dalam keadaan normal, peraturan Sabat berguna bagi manusia agar mereka pada hari itu fokus kepada Tuhan. Yesus mengkritik penghayatan hidup beragama yang hanya menekankan dan berhenti pada soal aturan hukum belaka. Yesus menghendaki agar hukum membantu manusia untuk mewujudkan kasih.

Tuhan, ajarilah kami untuk lebih bijak menilai sesama kami dan lebih mengutamakan kebutuhan sesama daripada aturan. Amin

0 Response to "RENUNGAN HARIAN KATOLIK SELASA, 21 JANUARI 2020"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel