PERBEDAAN KATOLIK DAN PROTESTAN

Katolik dan Protestan adalah dua kepercayaan agama yang berbeda. Meskipun dahulu memang kedua agama ini memiliki latar belakang yang sama. Protestan merupakan pecahan agama dari Katolik. Mereka memiliki pandangan yang sedikit berbeda dari Katolik, yang pada mulanya sama. Mereka dahulu karena sering protes terhadap agama katolik yang di imani, dari segi kepercayaan dan sudut pandang agama makan mereka membentuk agama baru yaitu Protestan. Sebagai gambaran dan pengetahuan kita terhadap agama Katolik dan Protestan ada beberapa perbedaan yang penting dan mendasar. 

1. Eklusivitas gereja Katolik Roma, yaitu gereja Katolik berpusat pada Katolik Roma dan mempunyai satu pemimpin besar dunia yang disebut Paus. Semua pemimpin atau pelayan gereja Katolik tersusun secara baik dari atas sampai ke bawah. Sedangkan gereja Protestan tidak memiliki sturuktur pelayanan gereja secara khusus atau organisasi, menganggap bahwa gereja adalah mereka yang percaya kepada Kristus, mereka yang berpegang kepada Alkitab dan mereka yang dibaptis. 
2. Gereja Katolik menganggap kepemimpinan Paus adalah datangnya dari Allah. Maka setiap perintah aturan yang diperintahkan dari Paus akan diikuti oleh pemimpin gereja dan umat Katolik. Karena dianggap bahwa Paus adalah utusan Allah maka semua keputusannya diyakini benar dan dilaksanakan. Berbeda dengan Prtotestan, bahwa mereka tidak ada kepemimpinan yang terorganisiasi. Karena mereka menganggap jemaat atau pemimpinnya dapat melakukan kesalahan secara manusiawi.
3. Pengakuan Dosa, dalam agama Katolik ada layanan pengakuan dosa dari gereja. Dimana ketika ada umat yang ingin mengakui kesalahannya dapat mengaku dosa kepada pemimpin didalam gereja. Sedangkan dalam gereja Protestan tidak ada pelayanan pengakuan dosa. Mereka menganggap bahwa mereka sudah diampuni dosa-dosanya karena Yesus, dan jika ingin mengaku dosa mereka dapat berdoa secara langgsung kepada Tuhan.
4. Adanya Hirarki gereja Katolik Roma, yaitu adanya pemimpin gereja yang diagungkan dan ditinggikan misalnya Frater, Bruder, Suster, Imam, Uskup, dan Paus, sesuai dengan urutan dan oragnisasi gereja. Sedangkan dalam agama Protestan meyakini bahwa jemaat adalah Imam-Imamnya, dan Yesus Kristus adalah Imam Besarnya.
5. Doa yang ditunjukan kepada Bunda Maria. Dalam ajaran gereja Katolik mengenal dan menghormati Bunda Maria sebagai Bunda Allah. Maka umat Katolik berdoa dan berdevosi pada Bunda Maria. Sedangkan dalam gereja Protestas mereka memang tidak mengenal devosi juga mendoakan kepada Bunda Maria. Mereka hanya berdoa kepada Yesus Kristus dan Allah Bapa di Surga.

BACA JUGA:

6. Patung dan simbol gereja. Dalam gereja Katolik Patung dan Simbol-simbol gereja digunakaan dalam Ekaristi. Patung dan gambar-gambar yang ada hanya sebagai sarana dan simbol saja, bukan untuk disembah dan disalah gunakan. Patung yang sudah diberkati tentu saja memiliki nilai keilahian yang terkandung didalamnya. Sedangkan dalam gereja Protestan, mereka tidak lagi percaya akan semua buatan tangan manusia. Kalaupun ada simbol seperti salib atuapun gambar-gambar, itu hanya sebatas ornamen yang memperindah dan tidak memiliki nilai kekudusan sama sekali.
Itulah beberapa hal yang penting dari perbedaan ajaran gereja Katolik dan Protestan. Untuk menjadi pengetahuan bagi kita semua, dan tidak untuk menjadi perdebatan dan permasalahan. Karena pada hakikatnya adalah sama.

0 Response to "PERBEDAAN KATOLIK DAN PROTESTAN"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel