PENGERTIAN KARDINAL

Dalam gereja katolik kita mengenal yang namanya Kardinal. Kita sering mendengar kata Kardinal, tetapi banyak dari kita yang belum tahu siapa itu Kardinal dan Tugas yang di lakukan. Bahkan banyak dari kita yang salah mengartikan pengertian Kardinal itu sendiri. Ada yang mengartikan hirarki atau urutan pemimpin gereja itu dimulai dari Diakon, Imam, Uskup, Uskup Agung dan Paus. mereka tidak tahu letak dimana Kardinal itu berada. Lalu dimana letak keberadaan Kardinal? Kadinal sering disebut sebagai Pangeran Gereja. Kardinal berperan dalam pemilihan pemimpin gareja tertinggi yaitu Paus. Paus yang dipilih untuk pemimpin umat Katolik Dunia yang kedudukannya paling tinggi dipilih oleh para Kardinal. Mari kita sedikit mengulas tentang Kardinal dalam gereja Katolik.

Apa yang dimaksud dengan Kardinal? Kardinal berasal dari kata Ibrani yang artinya Inkardinasi, yang berarti orang yang secara khusus ditunjuk dan bekerja untuk menemani Paus dalam menyelesaikan tugas-tugasnya. Berkardinasi dengan Paus untuk bekerja sama dengan tugas yang diberikan, tentu menjadi kebanggaan tersendiri buat Kardinal. Tetapi juga haruslah dilaksanakan dengan sepenuh hati dan dengan tanggung jawab yang penuh. Yang dapat menjadi Kardinal adalah semua para Uskup yang dianggap sudah senior dan dipilih khusus. Lalu siapa yang memilih Kardinal? yang memilih Kardinal adalah Paus, Paus memilih Kardinal berdasarkan hak Perogratif yang dimilikinya, bukan berdasarkan voting atau pemilihan.
Ciri yang bisa kita ketahui apakah dia seorang Kardinal atau bukan, dapat dilihat dari Baju atau Jubah yang digunakan, biasanya Kardinal menggunakan warna merah. Dalam kegiatan gereja atau ritus liturgi Kardinal biasanya menggunakan pakaian ini yang dapat membedakan dari yang lainnya. 
Di Indonesia juga memiliki seorang Kardinal yang dipilih khusus oleh Paus Fransiskus pada tanggal 01 September 2019. Dia adalah Mrg. Ignatius Suhayo yang dipilih bersama sembilan Kardinal lainnya dari berbagai negara. Tentu saja menjadi hal yang sangat membanggakan bagi kita umat Katolik Indonesia. Semoga dengan penjelasan yang singkat diatas dapat memberikan gambaran serta wawasan terhadap Kardinal. Dan semoga menjadi pengetahuan bagi kita, walaupun hanya penjelasan yang singkat.

0 Response to "PENGERTIAN KARDINAL"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel