NABI ADALAH


Mungkin kita sering bertanya-tanya apa artinya Nabi. Dalam setiap agama apapun, mereka ada dan percaya kepada Nabi yang mereka yakini. Tidak hanya satu tetapi banyak Nabi yang diyakini pada jaman dahulu kala. Dalam gereja Katolik juga banyak sekali Nabi-Nabi yang dikenal dalam Kitab Suci, Seperti Nabi Yusuf, Nabi Yunus, Nabi Nuh, Nabi Zakaria dan yang lainnya.  

Lalu apakah yang disebut dengan Nabi menurut gereja Katolik? kata Nabi berasal dari bahasa Ibrani yang berarti Utusan, atau yang melihat. Jadi Nabi adalah mereka yang yang diutus oleh Allah untuk mewartakan kabar baik.
Bagaimana caranya seseorang dapat menjadi Nabi? Karena mereka mempunyai otoritas dan diakui didalam gereja Katolik menjadi perantara. Perantara dalam hal mewartakan kabar Allah atau yang mereka lihat tentang Allah kepada umat manusia. Mereka yang dikenal memiliki kemampuan untuk menyampaikan peranan Allah melalui umatnya. Nabi mempunyai kemampuan yang lebih menonjol dari pada umat manusia lainnya, dapat merasakan dan menjangkau lebih jauh tentang Allah. Nabi dapat merasakan perasaan Allah dan mewartakannya kepada umat manusia.
BACA JUGA :

Apa fungsi dari Nabi? Fungsi Nabi yaitu mewartakan apa yang dia terima dari Allah. Dengan kemampuan yang lebih dari pada manusia pada umumnya, Nabi menerima hal yang diwahyukan Allah. Ada tiga hal bagaimana bisa disebut Nabi:
1.      Pertama adalah menyampaikan sepada semua orang bahwa tidak ada Tuhan selain Allah. Nabi mewartakan semua kabar baik yang berhubungan dengan Allah saja.
2.      Kedua adalah bahwa Nabi mewartakan ajaran moral yang baik. Nabi harus berhati dan moral yang bersih, untuk mewartakan ajaran yang baik.
3.      Ketiga adalah keselamatan.
Mereka akan disebut Nabi dilihat dari tiga hal, yaitu tempat, waktu, dan fungsinya.
Yang pertama adalah tempat, jika mereka Nabi maka akan mewartakan kabar Allah di hadapan banyak orang. Kedua adalah waktu, mereka juga dapat meramalkan sesuatu. Yaitu mewartakan kabar Allah yang belum terjadi sebelumnya di depan banyak orang. Ketiga adalah fungsinya, yaitu bahwa Nabi harus dapat mewartakan kabar baik atas nama Allah bukan atas nama sendiri.

0 Response to "NABI ADALAH"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel