PERBEDAAN BRUDER DAN FRATER DALAM KATOLIK

Menjadi perbincangan yang banyak dibicarakan orang katolik, apakah Frater sama dengan Bruder. Mereka bertanya-tanya apakah artinya Frater atau Bruder, apakah mereka sama atau berbeda? Sebagai uamt katolik tentu kita pernah mendengar atau melihat Frater dan Bruder tanpa tahu apa itu artinya. Mereka juga sama seperti Imam sering menggunakan Jubah ketika Misa di gereja. 

Untuk lebih jelasnya mari kita bahas supaya tidak menjadi bingung. 
Frater dalam bahasa latin artinya Saudara, sedangkan Bruder artinya juga sama yaitu Saudara. Jadi Frater dan Bruder memiliki arti yang sama yaitu Saudara. Bruder lebih sering digunakan dalam konteks inpreligius lembaga hidup bakti yang legal dan awam. Frater juga bisa masuk kedalam konteks inpreligius lembaga hidup bakti tetapi juga bisa digunakan kepada orang yang bukan lembaga hidup religius tetapi calon Imam.

BACA JUGA :

Apakah Frater dan Bruder adalah kelompok-kelompok khusus dalam gereja? Yang mendasari pertanyaan ini adalah, orang yang masuk dalam umat beriman katolik adalah semua orang yang telah dibaptis dan telah diterima secara resmi oleh gereja Katolik. Dan didalam Gereja Katolik yang sudah dibaptis tergolong dalam dua bagaian kelompok gereja yaitu kelompok Hirarki dan kelompok Awam. Kelompok hirarki terdiri dari Diakon, Pastur, Imam, dan Paus, ini merupakan keompok Hirarki yang tertahbis. Sedangkan kelompok awam adalah kita umat Katolik yang sudah dibaptis tapi tidak tertahbis. Lalu dimanakah bagian dari kelompok Suster, Bruder, dan Frater? Mereka adalah umat awam yang secara khusus menggabungkan dirinya dalam lembaga hidup bakti. Maka jika ada umat gereja katolik baik laki-laki maupun perempuan, mau menjadi “berjubah” masuk didalam lebaga hidup bakti dan terus seperti itu sepanjang hidupnya tanpa bermaksud untuk menjadi Imam dan ditahbiskan, itu yang masuk dalam Suster, Bruder dan Frater.
Persoalan tentang Suster, Bruder dan Frater menjadi sedikit lebih membingungkan untuk kita, karena Misi yang membawanya. Misi kelompok Bruder atau Frater itu datang dari luar negeri seperti Jerman dan Belanda, jadi perbedaan Misi yang dibawa membuat kita lebih bingung untuk memahaminya. Tetapi kita tidak perlu untuk dikacaukan oleh hal itu, karena pada dasanya semua sama antara Frater dan Bruder.

0 Response to "PERBEDAAN BRUDER DAN FRATER DALAM KATOLIK"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel