RENUNGAN HARIAN KATOLIK SENIN, 27 JANUARI 2020


RENUNGAN HARIAN KATOLIK
SENIN, 27 JANUARI 2020
PEKAN BIASA III (Warna Liturgi Hijau)

St. Angela Meerici, St. Robertus dan Stefanus
BACAAN I: 2Sam. 5:1-7.10
MAZMUR: 89:20.21-22.25-26
BACAAN INJIL: Mrk. 3:22-30

Injil Markus 3:22-30
Dan ahli-ahli Taurat yang datang dari Yerusalem berkata: "Ia kerasukan Beelzebul," dan: "Dengan penghulu setan Ia mengusir setan." Yesus memanggil mereka, lalu berkata kepada mereka dalam perumpamaan: "Bagaimana Iblis dapat mengusir Iblis? Kalau suatu kerajaan terpecah-pecah, kerajaan itu tidak dapat bertahan, dan jika suatu rumah tangga terpecah-pecah, rumah tangga itu tidak dapat bertahan. Demikianlah juga kalau Iblis berontak melawan dirinya sendiri dan kalau ia terbagi-bagi, ia tidak dapat bertahan, melainkan sudahlah tiba kesudahannya. Tetapi tidak seorangpun dapat memasuki rumah seorang yang kuat untuk merampas harta bendanya apabila tidak diikatnya dahulu orang kuat itu. Sesudah itu barulah dapat ia merampok rumah itu. Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya semua dosa dan hujat anak-anak manusia akan diampuni, ya, semua hujat yang mereka ucapkan. Tetapi apabila seorang menghujat Roh Kudus, ia tidak mendapat ampun selama-lamanya, melainkan bersalah karena berbuat dosa kekal." Ia berkata demikian karena mereka katakan bahwa Ia kerasukan roh jahat.

RENUNGAN:
Daud adalah Raja Israel yang istimewa. Ia tidak segera menjadi raja ketika diurapi Tuhan. Namun, dia membuktikan kepada bangsanya bahwa dia memang patut menjadi raja mereka, sehingga rakyatlah yang memohon dan mengangkat dia menjadi raja: “Telah lama, Ketika Saul memerintah atas kami, engkaulah yang memimpin segala gerekan orang Israel. Dan Tuhan telah berfirman kepadamu: Engkaulah yang harus menggembalakan umat-Ku Israel, dan Engkaulah yang menjadi raja atas Israel” (2Sam.5:2). Selanjutnya Daud memang menjadi Raja Israel yang paling besar, sehingga kalau berbicara tentang raja, Israel selalu memaksudkan Daud. Yesus yang dianggap sebagai raja penyelamat diarak dan dielukan memasuki Yerusalem sebagai Putra Daud. Dan Ia memang dilahirkan di kota Daud yakni Betlehem. Daud menjadi besar karena dia setia kepada Tuhan, walaupun kemudian pernah jatuh kedalam dosa: lalu semakin lama besarlah kuasa Daud, sebab Tuhan, Allah semesta alam menyertainya.

BACA JUGA:

Ketika Yesus menunjukan bahwa Dia pemimpin yang benar dan menyelamatkan, para pemimpin Yahudi yang iri kepada-Nya mengatakan bahwa Yesus kerasukan Beezebul dan oleh kuasa penghulu setan itulah, dia mengusir setan. Yesus sangat menyesalkan hal ini karena mereka bukan hanya menolak dia, namun menolak untuk diselamatkan, bahkan memecah belah umat. Banyak pejabat lebih mementingkan jabatannya daripada keselamatan rakyatnya.

Ya Allah, kami berdoa bagi para pemimpin dalam Gereja maupun masyarakat, jauhkanlah mereka dari kepentingan cinta diri dan kuasa, bimbinglah mereka agar mereka benar-benar hanya mau melayani keselamatan umat dan rakyat. Amin

0 Response to "RENUNGAN HARIAN KATOLIK SENIN, 27 JANUARI 2020"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel