YUDAS ISKARIOT

YUDAS ISKARIOT

Yudas Iskariot adalah salah satu dari dua belas murid Tuhan Yesus. Yudas Iskariot merupakan murid Tuhan yang mengkhianatinya. Yudas Iskariot adalah bendahara dalam komisi pelayanan Yesus. Yudas dipercaya memegang uang kas oleh Yesus dibandingkan murid yang lainnya. Yudas Iskariot sendiri pada dasarnya memiliki kecintaan terhadap uang, dan dalam injil Yohanes ada dikatakan bahwa Yudas Iskariot sering mengambil uang kas untuk kepentingan pribadi.

Yudas Iskariot juga adalah murid yang mengkhianati Yesus. Yudas dalam Injil Matius dikatakan bahwa ia pergi kepada imam-imam kepala. Imam Kepala meminta agar Yudas Iskariot menyerahkan Yesus dan ia nantinya akan di beri uang sebesar tiga puluh perak, dan mulai saat itu Yudas Iskariot mulai mencari kesempatan yang baik untuk menyerahkan Yesus (Matius 16:14-16). Pada waktu Yudas Iskariot menyerahkan Yesus kepada Imam Kepala dan Yesus telah dijatuhi hukuman mati, lalu ia merasa menyesal dan ia mengembalikan uang tiga puluh perak itu kepada imam-imam kepala dan tua-tua. Yudas Iskariot merasa dan mengakui bahwa ia telah berdosa dengan apa yang telah dilakukannya, yaitu menyerahkan darah orang yang tak bersalah. 

Setelah itu Yudas menyesal akan semua yang telah ia perbuat terhadap Yesus. Ia lebih mementingkan uang dari pada Yesus, Lalu ia pun pergi dan menggantung diri. Sebelum gantung diri Yudas rela untuk membuang semua uang yang ia miliki, hal ini karena Yudas merasa sangat menyesal atas semua perbuatannya.

Ada banyak penafsiran tentang Yudas Iskariot berpendapat bahwa Yudas tidak pernah berniat untuk benar-benar menjual dan mengkhianati Yesus. Karena selama tiga setengah tahun Yudas mengikuti Yesus, dan sudah beberapa kali Yesus ingin ditangkap tetapi selalu lolos dari tangkapan. Yudas sepertinya berfikir bahwa ia bisa mendapatkan uang dengan mudah, dan Yesus tidak akan mati karena dapat meloloskan diri dari tangkapan. Ketika melihat kenyataaan bahwa Yesus benar-benar akan disalibkan, maka Yudas mengambil keputusan untuk menggantung diri.

Yudas Iskariot Disalib. Banyak berita yang beredar bahwa bukan Yesus yang disalibkan melaikan Yudas Iskariot. Banyak yang mengatakan bahwa Allah yang telah menggantikan Yesus yang disalib denganYudas. Mereka berpendapat bahwa Yesus diangkat ke surga oleh Allah dan digantikajn Yudas. Kita sebagai umat katolik perlu memahami kebenaran yang ada dalam injil kitab suci. Bahwa Injil menjelaskan secara jelas dan rinci serta ada saksi mata dan lokasi yang jelas peristiwa penyaliban Yesus pada waktu itu. 

Semoga kita dapat diperjelas dengan informasi bahwa Yesus mati dikayu salib bukan Yudas Iskariot. Kita percaya bahwa Yesus mati dikayu salib untuk menebus dosa-dosa umat manusia.

0 Response to "YUDAS ISKARIOT"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel