KATOLIK - KATOLIK ROMA

KATOLIK INDONESIA

Katolik merupakan agama Kristen terbesar didunia dan memiliki sekitar 1,3 milyar umat. Dalam gereja Katolik memiliki kepemimpinan yang terstruktur, mulai dari yang tertinggi yaitu Sri Paus, Uskup Agung, Uskup, Romo, Frater, Burder, dan Suster. Paus Fransiskus memiliki otoritas duniawi yang tertinggi dalam gereja Katolik mulai dari hal Iman, Moral, dan Pemerintahan. Semua yang menjadi ketetapan dan ketentuan harus di laskanakan oleh semua umat. Selain itu juga pelayan umat tertahbis yaitu Frater, Bruder, Romo, Uskup, dan Uskup Agung juga mengacu perintah dan intruksi dari Paus. Mereka semua adalah pelayan umat berdasarkan tingkatannya dengan tugas dan tanggung jawab yang berbeda. 

Di Indonesia umat Katolik menganut kepada Katolik Roma. Gereja Katolik Roma yang merupakan pusat dari gereja yang diimani. Paus Fransiskus yang menjadi Pemimpin tertinggi gereja berpusat pada Negera Roma Italia. Dalam perkembangan sepanjang ribuan tahun, gereja katolik menjadi salah satu lembaga tertua di dunia. Dalam perenan yang penting dalam sejarah peradaban barat. Pemimpin tertinggi dan otoritas di Indonesia yaitu Uskup. Uskup menjadi pelayan yang berpusat pada daerah tertentu sesuai dengan keuskupan yang ada. 

Katolik Adalah satu, kudus, katolik dan apostolik. Gereja katolik itu satu, maksudnya berapapun jumlah gereja dan umat katolik yang tersebar tetap satu yang didirikan oleh Yesus Kristus. Gereja Katolik berada dalam satu naungan kepemimpinan yaitu Sri Paus sebagai yang tertingi. Gereja Katolik Kudus maksudnya gereja mempunyai nilai kekudusan atau kesucian yang membawa orang menuju keselamatan. Katolik merupakan sifat gereja yang bersifat umum atau universal. Sedangkan apostolik merupakan cara dimana pelayanan gereja Katolik diturunkan dari para rasul. Gereja Katolik berpegang pada ajaran dari para Rasul. 

Katolik Indonesia merupakan yang berpusat pada Katolik Roma. Pelayan umat dalam Katolik di Indonesia sudah terorganisasi dengan baik. Katolik di Indonesia menjadi yang minoritas jumlahnya dibandingkan dengan jumlah di seluruh dunia. Namun demikian umat katolik di Indonesia menjadi umat yang dewasa dalam segala hal dan permasalahanya.

0 Response to "KATOLIK - KATOLIK ROMA"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel