RENUNGAN HARIAN KATOLIK MINGGU, 26 JANUARI 2020


RENUNGAN HARIAN KATOLIK
MINGGU, 26 JANUARI 2020
PEKAN BIASA III (Warna Liturgi Hijau)

St.Stefanus; St. Robertus Molesmes
BACAAN I: Yes. 8:23b-9:3
MAZMUR: 27:1-4. 13-14
BACAAN II: 1Kor. 1:10-13.17
BACAAN INJIL: Matius 4:12-17.23

Injil Matius 4:12-17.23
Tetapi waktu Yesus mendengar, bahwa Yohanes telah ditangkap, menyingkirlah Ia ke Galilea. Ia meninggalkan Nazaret dan diam di Kapernaum, di tepi danau, di daerah Zebulon dan Naftali, supaya genaplah firman yang disampaikan oleh nabi Yesaya: "Tanah Zebulon dan tanah Naftali, jalan ke laut, daerah seberang sungai Yordan, Galilea, wilayah bangsa-bangsa lain,  — bangsa yang diam dalam kegelapan, telah melihat Terang yang besar dan bagi mereka yang diam di negeri yang dinaungi maut, telah terbit Terang." Sejak waktu itulah Yesus memberitakan: "Bertobatlah, sebab Kerajaan Sorga sudah dekat!" Yesuspun berkeliling di seluruh Galilea; Ia mengajar dalam rumah-rumah ibadat dan memberitakan Injil Kerajaan Allah serta melenyapkan segala penyakit dan kelemahan di antara bangsa itu.

RENUNGAN:
Sabda Tuhan hari ini berupa kabar gembira bahwa Yesus datang bukan untuk bangsa-Nya sendiri, memenuhi nubuat Nabi Yesaya: “...Wilayah bangsa lain, - bangsa yang diam dalam kegelapan telah melihat terang yang besar dan bagi mereka yang diam di negeri yang dinaungi maut, telah terbit terang. Sejak waktu itulah Yesus memberitakan:” Bertobatlah sebab Kerajaan Surga telah dekat!” Inilah undangan bagi semua orang untuk menerima Kristus sebagai Terang kita.

Di lain pihak, sebenarnya Injil hari ini mengatahan sebuah ironi: Galilea daerah pinggiran perbatasan dengan wilayah bangsa-bangsa lain. Bangsanya sendiri tidak menerima dia, terutama daerah pusat Yerusalem dan sekitarnya. Yesus memang akan kesana... untuk menghadapi penolakan dan wafat di salib. Galilea dan wilayah perbatasan bangsa-bangsa lain justru mengalami berkat karena disitulah Yesus dan para rasul-Nya diterima sehingga banyak berkarya selama hidupnya di dunia. Bahkan setelah kebangkitan-Nya, Yesus meminta para rasul kembali ke Galilea untuk bertemu dengan-Nya. (Bdk. Mat.28:7.10).

Kabar gembira ini patut kita syukuri: jika kita ini orang sederhana, rakyat jelata, jauh dari pusat kuasa dunia. Kita tak perlu berkecil hati, karena Tuhan justru mau datang bagi kita dan tinggal bersama kita. Sebaliknya bila kita sedang di pusat dunia bahkan Gereja karena jabatan kita, kita waspada karena kita tak merasa membutuhkan Tuhan.

BACA JUGA:

Yesus, Engkau terang sejati dalam hidup dan pelayanan kami, jauhkanlah kami dari belenggu kekuasaan, semoga kami setia untuk mengusahakan keselamatan sesama seperti Engkau sendiri.

0 Response to "RENUNGAN HARIAN KATOLIK MINGGU, 26 JANUARI 2020"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel