RENUNGAN HARIAN KATOLIK SABTU, 25 JANUARI 2020


RENUNGAN HARIAN KATOLIK
SABTU, 25 JANUARI 2020
PEKAN BIASA II (Warna Liturgi Putih)
Pesta Pertobatan St. Paulus
BACAAN I: 1Sam. 9:1-22
MAZMUR: 117:1,2
BACAAN INJIL: Mrk. 16:15-18

Injil Markus 16:15-18
Lalu Ia berkata kepada mereka: "Pergilah ke seluruh dunia, beritakanlah Injil kepada segala makhluk. Siapa yang percaya dan dibaptis akan diselamatkan, tetapi siapa yang tidak percaya akan dihukum. Tanda-tanda ini akan menyertai orang-orang yang percaya: mereka akan mengusir setan-setan demi nama-Ku, mereka akan berbicara dalam bahasa-bahasa yang baru bagi mereka, mereka akan memegang ular, dan sekalipun mereka minum racun maut, mereka tidak akan mendapat celaka; mereka akan meletakkan tangannya atas orang sakit, dan orang itu akan sembuh."

RENUNGAN:
Pertobatan Rasul Paulus menjadi saat yang penting bagi Gereja. Di antara para rasul, dialah yang paling giat dan besar perannya dalam membangun Gereja awal. Dibandingkan keduabelas rasul, Paulus tidak pernah mengenal Yesus secara personal ketika Yesus hidup di dunia. Iman Paulus adalah iman kita semua yang juga tidak pernah mengenal Yesus selama Yesus hidup sebagai manusia. Namun atas karunia Yesus, dia menerima penampakan Yesus. “Aku telah disalibkan dengan Kristus, namun aku hidup, tetapi bukan lagi aku sendiri yang hidup, melainkan Kristus yang hidup di dalam Aku”(Gal.2:20). Pengenalannya akan pribadi Yesus membalik caranya beragama: dari berdasarkan hukum menjadi berdasarkan kasih. Apakah iman kita masih seperti Saulus yang berdasarkan hukum mengejar-ngejar orang kristiani yang kita anggap tidak taat hukum? Atau sudah seperti Paulus yang menegakan kasih?

Pengenalan akan Kristus memberikan Paulus hidup baru. Itu bukan Paulus langsung sempurna, malainkan ia meyakini bahwa oleh pembaptisan ia telah ditangkap oleh Kristus. Ini bukan kekuatannya, melainkan Kristus yang memberikan jaminan iman: “Bukan seolah-olah aku telah memperoleh hal ini atau telah sempurna, melainkan aku mengejarnya, kalau-kalau aku juga dapat menangkapnya, karena aku pun telah ditangkap oleh Kristus Yesus” (Flp.3:12)

BACA JUGA:

Tuhan Yesus, berikanlah kami Roh kekuatan agar kami berani mengikuti-Mu dalam jalan kasih bukan hukum, jalan pelayanan bukan jalan kuasa dan cari selamat sendiri. Amin

0 Response to "RENUNGAN HARIAN KATOLIK SABTU, 25 JANUARI 2020"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel