RENUNGAN HARIAN KATOLIK JUMAT, 24 JANUARI 2020


RENUNGAN HARIAN KATOLIK
JUMAT, 24 JANUARI 2020
PEKAN BIASA II (Warna Liturgi Putih)

Pw. St. Fransiskus dr. Sales.
BACAAN I: 1Sam. 24:3-21
MAZMUR: 57:2.3-4.6-11
BACAAN INJIL: Mrk. 3:13-19

Injil Markus 3:13-19
Kemudian naiklah Yesus ke atas bukit. Ia memanggil orang-orang yang dikehendaki-Nya dan merekapun datang kepada-Nya. Ia menetapkan dua belas orang untuk menyertai Dia dan untuk diutus-Nya memberitakan Injil dan diberi-Nya kuasa untuk mengusir setan. Kedua belas orang yang ditetapkan-Nya itu ialah: Simon, yang diberi-Nya nama Petrus, Yakobus anak Zebedeus, dan Yohanes saudara Yakobus, yang keduanya diberi-Nya nama Boanerges, yang berarti anak-anak guruh, selanjutnya Andreas, Filipus, Bartolomeus, Matius, Tomas, Yakobus anak Alfeus, Tadeus, Simon orang Zelot, dan Yudas Iskariot, yang mengkhianati Dia.

RENUNGAN:
Walaupun dikejar Saul untuk dibunuh, Daud menunjukan kebesaran hatinya dengan tidak membunuh Saul, walaupun ada kesempatan untuk itu. Kebesaran hati Daud bersumber pada penghormatannya kepada Allah dan orang yang diurapi Allah. Bukan tindak kekerasan namun kebesaran hati Daud yang menaklukan Saul: “Apabila seseorang mendapat musuhnya, masakan dilepaskannya dia dengan selamat... Oleh karena itu, sesungguhnya aku tahu bahwa engkau pasti menjadi raja dan jabatan Raja Israel akan tetap kokoh dalam tanganmu”.

Yesus Putra Daud juga selalu bersatu dalam Allah dalam membuat keputusan. Dalam injil hari ini Yesus naik keatas bukit (berdoa) sebelum memilih dan menetapkan kedua belas rasul yang akan menyertai Dia dan menlanjutkan karya keselamatan-Nya. Nama-nama para rasul disebut dengan jelas untuk menunjukan bahwa Yesus menenal mereka secara personal dan sebaliknya mereka juga mengenal Yesus secara personal. Mereka bukan orang yang sempurna tetapi dengan mengikuti dan mengenal Yesus secara dalam, mereka terus disempurnakan dan diteguhkan sebagai rasul. Syarat dasar untuk menjadi rasul bukan hafal ajaran Yesus, namun mengenal Yesus dengan setia dan personal, karena hanya dengan demikian mereka akan setia menghayati dan mewartakan pengajaran Yesus dengan benar. Apakah kita dikenal dan mengenal Yesus secara personal dan mendalam?

BACA JUGA:

Ya Yesus, kami ingin mengenal-Mu secara personal dan lebih mendalam lagi agar layak menjadi rasul-Mu yang sejati. Amin

0 Response to "RENUNGAN HARIAN KATOLIK JUMAT, 24 JANUARI 2020"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel