ASAL MULA ALKITAB - KATOLIK

ALKITAB

Alkitab atau kitab suci merupakan kumpulan dokumen tentang kejadian perjalanan hidup Tuhan Yesus. Dalam kitab suci alkitab, inji yang dikenal ada dua puluh penulis. Mulai dari kitab kejadian sampai dengan kitab yang terakhir yaitu wahyu. Alkitab atau juga disebut dengan injil merupakan suatu dokumen rekaman tertulis dari perkataan dan perbuatan Yesus. Injil sendiri merupakan kata yang berasal dari yunani Evaggelion atau kabar gembira. Semua kitab yang dituliskan dalam kitab suci meruakan kisah perjalanan Tuhan Yesus. 
Menurut sejarah Katolik Ensiklopedia, terdapat sekitar lima puluhan karya tulis diabad awal yang menuliskan tentang Pribadi Yesus. Dan sementara itu ada sekitar dua puluh karya yang disebut injil, walaupun hanya empat injil yang disebut injil kanonik. 
Dari duapuluh injil yang sebelumnya ditulis diantaranya yaitu adalah 
1. Injil Markus, 
2. Injil Matius, 
3. Injil Lukas, 
4. Injil Yohanes, 
5. Injil menurut jemaat Ibrani, 
6. Injil Petrus, 
7. Injil menurut jemaat mesir, 
8. Injil Matias, 
9. Injil Filipus, 
10. Injil Thomas, 
11. Injil Yakobus, 
12. Injil Nikodemus, 
13. Injil keduabelas rasul, 
14. Injil Basilides, 
15. Injil Valentinus, 
16. Injil Martius, 
17. Injil Hawa, 
18. Injil Yudas, 
19. Tulisan Genna Marias, 
20. Injil Teleioseos. 
Sedangkan empat injil ini yang sering kita baca dalam alkitab diantaranya yaitu, Markus, Matius, Lukas, dan Yohanes yang mana Injil ini dinyatakan oleh gereja sebagai injil yang ditulis sebagai ilham dari Roh Kudus. Dalam kesaksian dari empat Injil ini, diberikan oleh Bapa gereja diabad-abad awal. 

BACA JUGA:

Kisah dari penulis injil diatas kita bahas hisah Santo Markus dan Lukas secara singkat:
Santo Markus wafat sekitar tahun 63, hal ini berdasarkan dari tulisan Eusebius bahwa pada tahun tersebut Anianus melanjutkan kepemimpinan St. Markus dalam keuskupan Alexandria. St. Markus wafat sebagai martir karena diseret sepanjang jalan di Alexandria. Dalam kisahnya St. Markus merupakan anak angkat rasul Petrus. 
Santo Lukas. Ada dua pandangan dari kematian St. Lukas. Dilihat dari tulisan awal Ia wafat sebagai martir dan dari tulisan lain Ia hidup sampai umur 84 tahun. St. Lukas wafat disebuah daerah di yunani. 

0 Response to "ASAL MULA ALKITAB - KATOLIK"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel