RENUNGAN HARIAN KATOLIK KAMIS, 23 JANUARI 2020

RENUNGAN HARIAN KATOLIK
KAMIS, 23 JANUARI 2020
PEKAN BIASA II (Warna Liturgi Hijau)

St. Yohanes Pemderma; Sta. Martina
BACAAN I: 1Sam. 18:6-9; 19:1-7
MAZMUR: 56:2-3.9-10a. 10b-11.12-13
BACAAN INJIL: Mrk. 3:7-12

Injil Markus 3:7-12
Kemudian Yesus dengan murid-murid-Nya menyingkir ke danau, dan banyak orang dari Galilea mengikuti-Nya. Juga dari Yudea, dari Yerusalem, dari Idumea, dari seberang Yordan, dan dari daerah Tirus dan Sidon datang banyak orang kepada-Nya, sesudah mereka mendengar segala yang dilakukan-Nya. Ia menyuruh murid-murid-Nya menyediakan sebuah perahu bagi-Nya karena orang banyak itu, supaya mereka jangan sampai menghimpit-Nya. Sebab Ia menyembuhkan banyak orang, sehingga semua penderita penyakit berdesak-desakan kepada-Nya hendak menjamah-Nya. Bilamana roh-roh jahat melihat Dia, mereka jatuh tersungkur di hadapan-Nya dan berteriak: "Engkaulah Anak Allah." Tetapi Ia dengan keras melarang mereka memberitahukan siapa Dia.

RENUNGAN:
Rasa iri dan terancam oleh ketenaran Daud yang dipuji rakyat melebihi dia membuat Saul ingin membunuh Daud. Sebagai Raja, pelindung bangsanya, seharusnya Saul berterima kasih kepada Daud yang telah berjasa besar mengalahkan musuh yang mengancam bangsanya. Disini terlihat bahwa Saul lebih mengutamakan kekuasaannya daripada keselamatan bangsanya. Kita patut waspada bahwa sering kali jabatan membuat kita semakin egois, jika kita tidak terus-menerus menyadari bahwa jabatan itu untuk melayani, bukan untuk menguasai.

Yonatan anak Saul sangat bersahabat dengan Daud. Ia membela Daud dihadapan ayahnya, sehingga menyelamatkan Daud. Inilah pentingnya persahabatan. Namun, ketika Daud menang lagi lawan musuh Israel, Saul kembali mau membunuh Daud.

Yesus menyingkir dari para pimpinan bangsa-Nya yang hendak membunuh Dia. Namun, dari segenap rakyat terus berbondong-bondong mengikuti Dia, sesudah mereka mendengar segala yang dilakukan-Nya. Yesus dengan setia mengajar, menyembuhkan yang sakit, dan mengusir roh jahat. Sedapat mungkin kita harus menghindar dari bahaya, namun tak boleh lalai untuk berbuat baik menyelamatkan orang, walaupun itu membuat hidup kita terancam.

BACA JUGA:

Ya Tuhan, hindarkanlah kami dari segala bahaya, namun bila kami kau butuhkan untuk melayani umat-Mu, janganlah kami gentar terhadap ancaman apapun, karena kami percaya Engkau menyertai kami. Amin

0 Response to "RENUNGAN HARIAN KATOLIK KAMIS, 23 JANUARI 2020"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel