PERSEPULUHAN MENURUT ALKITAB


PERSEMBAHAN

Dalam gereja Kristen menganal adanya persembahan persepuluhan. Persembahan persepuluhan adalah sepuluh persen persembahan yang kita berikan kepada gereja dari hasil pekerjaan yang kita lakukan. Mereka mempersembahkan sepuluh persen dari hasil pekerjaannya atas dasar kitab suci dan mempersembahkannya satu bulan sekali. Dalam kitab suci Imamat 27:30 dikatakan, “demikian juga segala persembahan persepuluhan dari tanah, baik dari hasil benih di tanah maupun dari buah pohon-pohonan milik Tuhan, itulah persembahan kudus bagi Tuhan”. Inilah ayat yang menjadi dasar umat Kristen dalam memberikan persembahan persepuluhan. 

Apa makna dari persembahan persepuluhan?
  • Makna yang pertama adalah ketaatan kepada Tuhan. Sebagaimana ayat diatas merupakan rujukan dari umat Kristen tentang ketaatan mereka akan persembahan persepuluhan.
  • Makna yang kedua adalah Penyerahan diri. Penyerahan diri adalah bentuk dari rasa taat manusia akan segala yang dimiliki merupakan sebagian milik Tuhan.
  • Makna yang ketiga adalah Percaya akan karya Allah. Karya Allah yang begitu besar dan dapat dirasakan bagi kehidupan manusia, merupakan bentuk makna dari Karya Allah dalam memberikan rejeki terhadap manusia. 
  • Makna yang keempat adalah Hidup didalam iman. Sebagai umat yang hidup dalam iman dan berpedoman pada kitab suci maka akan mentaati segala perintahNya. 
  • Makna yang kelima adalah Ungkapan rasa syukur kepada Tuhan. Karya Tuhan yang besar dalam memberikan manusia rejekinya merupakan, ungkapan syukur bahwa segala yang kita miliki merupakan bagian dari Tuhan.

Ketika kita sudah memberikan persembahan persepuluhan maka dapat kita berikan kepada orang yang membutuhkan (orang lewi, orang asing, anak-anak yatim, dan janda) supaya mereka dapat merasakan kebahagiaan yang sama. Mengasihi adalah dasar dari persembahan persepuluhan, dimana mengasihi mereka yang membutuhkan merupakan hal yang utama.
Rasa syukur dan ungkapan terima kasih sebagai manusia yang mendapatkan rejeki yang lebih menjadi tujuan utama dari persembahan persepuluhan. Kita diajak untuk peduli dengan sesama yang kekurangan.

BACA JUGA:

Persembahan persepuluhan yang diberikan kepada mereka yang membutuhkan sama artinya dengan memberikan persembahan kepada Tuhan. Seperti yang tertulis dalam kitab suci, segala sesuatu yang kita berikan lakukanlah itu seperti untuk Tuhan bukan untuk manusia. Maka Tuhan akan melimpahkan berkat kepada semua orang yang setia kepadaNya.

0 Response to "PERSEPULUHAN MENURUT ALKITAB"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel