RENUNGAN HARIAN KATOLIK SELASA, 28 JANUARI 2020


RENUNGAN HARIAN KATOLIK
SELASA, 28 JANUARI 2020
PEKAN BIASA III (Warna Liturgi Hijau)

St. Karolus Agung; St. Petrus Nolaskus
BACAAN I: 2Sam. 6:12b-15.17-19
MAZMUR: 24:7.8.9.10
BACAAN INJIL: Mrk. 3:31-35

Injil Markus 3:31-35
Lalu datanglah ibu dan saudara-saudara Yesus. Sementara mereka berdiri di luar, mereka menyuruh orang memanggil Dia. Ada orang banyak duduk mengelilingi Dia, mereka berkata kepada-Nya: "Lihat, ibu dan saudara-saudara-Mu ada di luar, dan berusaha menemui Engkau." Jawab Yesus kepada mereka: "Siapa ibu-Ku dan siapa saudara-saudara-Ku?" Ia melihat kepada orang-orang yang duduk di sekeliling-Nya itu dan berkata: "Ini ibu-Ku dan saudara-saudara-Ku! Barangsiapa melakukan kehendak Allah, dialah saudara-Ku laki-laki, dialah saudara-Ku perempuan, dialah ibu-Ku."

RENUNGAN:
Daud membangun keluarga Israel berdasarkan penghormatan kepada Tuhan yang kehadirannya dinyatakan dengan Tabut Perjanjian. Dengan sukacita dan rendah hari, Daud menari dalam perarakan itu untuk menunjukan bahwa bukan dia, namun Tuhanlah Pemimpin dan Raja Israel yang sebenarnya.

Yesus membangun keluarga baru, bukan berdasarkan ikatan darah, namun berdasarkan mendengarkan dan melaksanakan sabda Tuhan. Itulah kita Gereja-Nya bila kita setia ambil bagian dalam karya keselamatan Tuhan. Kita juga harus terbuka kepada siapa saja yang berkehendak baik walaupun bukan anggota Gereja kita, karena dengan berjuang untuk keselamatan umat manusia mereka menunjukan bahwa mereka juga ambil bagian dalam karya keselamatan Tuhan. Yesus mengubah paham lama yang membatasi hubungan sesama manusia sebatas hubungan jasmani (keturunan). Akan tetapi, kita menjadi satu keluarga rohani.

BACA JUGA: 

Tuhan, sadarkanlah para pemimpin keluarga, sekolah, Gereja, masyarakat, untuk selalu mendengarkan dan melaksanakan kehendak-Mu. Amin.

0 Response to "RENUNGAN HARIAN KATOLIK SELASA, 28 JANUARI 2020"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel