RENUNGAN HARIAN KATOLIK KAMIS, 16 JANUARI 2020


RENUNGAN HARIAN KATOLIK
KAMIS, 16 JANUARI 2020
PEKAN BIASA I (Warna Liturgi Hijau)

Sta. Priscilla; St. Marcelius
BACAAN I: 1Sam. 4:1-11
MAZMUR: 44:10-11.14-15.24-25
BACAAN INJIL: Mrk. 1:40-45

Injil Markus 1:40-45
Seorang yang sakit kusta datang kepada Yesus, dan sambil berlutut di hadapan-Nya ia memohon bantuan-Nya, katanya: "Kalau Engkau mau, Engkau dapat mentahirkan aku." Maka tergeraklah hati-Nya oleh belas kasihan, lalu Ia mengulurkan tangan-Nya, menjamah orang itu dan berkata kepadanya: "Aku mau, jadilah engkau tahir." Seketika itu juga lenyaplah penyakit kusta orang itu, dan ia menjadi tahir. Segera Ia menyuruh orang itu pergi dengan peringatan keras: "Ingatlah, janganlah engkau memberitahukan apa-apa tentang hal ini kepada siapapun, tetapi pergilah, perlihatkanlah dirimu kepada imam dan persembahkanlah untuk pentahiranmu persembahan, yang diperintahkan oleh Musa, sebagai bukti bagi mereka." Tetapi orang itu pergi memberitakan peristiwa itu dan menyebarkannya kemana-mana, sehingga Yesus tidak dapat lagi terang-terangan masuk ke dalam kota. Ia tinggal di luar di tempat-tempat yang sepi; namun orang terus juga datang kepada-Nya dari segala penjuru.

RENUNGAN:
Tabut Tuhan menjadi tanda yang menyatukan dalam meneguhkan bangsa Israel. Tetapi tanda itu menjadi tak bermakna ketika hidup mereka tak sesuai dengan sabda Tuhan. Hanya sejenak mereka terkejut, selanjutnya musuh itu malah berperang lebih hebat sehingga orang israel kalah dan para pemimpinya terbunuh. Kita sering memohon Tuhan untuk membantu kita menghadapi berbagai permasalahan yang berat. Namun, seringkali permohonan itu tampak sia-sia, karena kita tak mau setia dan taat mendengarkan sabda Tuhan dan dipimpin oleh-Nya dalam hidup kita sehari-hari.

Orang yang sakit kusta sebenarnya dilarang mendekati masyarakat. Mungkin dia mengunakan kesempatan ketika Yesus menyendiri untuk datang kepada Yesus. Kesungguhannya untuk menjumpai dan memohon, menggerakan hati Yesus untuk menyembuhkan dia: “Aku mau, jadilah engkau tahir”. Iman yang teguh dalam diri sang kusta bahwa Tuhan mampu menyembuhkannya membuat dia diterima kembali. Ia tidak hanya sembuh secara fisik, tetapi juga secara sosial; ia diterima kembali sebagai anggota masyarakat. Apakah kita mau datang kepada Yesus untuk menyembuhkan luka-luka kita?

BACA JUGA:

Tuhan Yesus, tuntunlah kami ke jalan-Mu. Semoga kami mau menyembuhkan luka-luka dengan datang kepada-Mu. Amin.

0 Response to "RENUNGAN HARIAN KATOLIK KAMIS, 16 JANUARI 2020"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel