MASA ADVEN 2019 - KATEKESE SINGKAT

KORONA ADVEN

Masa Adven adalah masa dimana umat Kristiani mempersiapkan dalam menatikan kelahiran sang juru selamat Yesus Kristus. Adven berasal dari bahasa latin yang berarti Adventus yang artinya kedatangan. Masa adven juga merupakan masa pertobatan bagi umat kristiani. Pada masa adven yang kita alami sekarang adanya empat minggu masa adven dan mas pertobatan. Biasanya minggu adven pertama dimulai pada akhir bulan november atau yang mendekati tanggal itu. 

Ada empat minggu yang dilewati pada masa adven, dimana setiap minggunya memiliki makna yang berbeda beda. 
  1. Makna minggu adven yang pertama adalah pewartaan tentang kedatangan Tuhan Yesus kedunia ini, dan ajakan umat manusia untuk berjaga-jaga. 
  2. Makna minggu adven yang kedua adalah berisi tentang pewartaan khotbah dari Yohanes Pembaptis dalam mengajak umat manusia dalam hal perobatan. 
  3. Makna minggu adven yang ketiga adalah adanya sosok Yohanes Pembaptis yang membuka janlan bagi Yesus Kristus dan menunjukan bahwa Yesus adalah Mesias.
  4. Makna minggu adven yang keempat adalah peristiwa menjelang kelahiran Yesus Kristus, masa persiapan yang sudah mendekati hari raya kelahiran Yesus. 

Dan masa adven berakhir sampai dengan ibadat sore sebelum menjelang hari natal.

Hal yang identik dalam masa adven adalah:
  • Warna Ungu: Warna bernuansa ungu didalam gereja yaitu diantaranya penggunaan busana yang dipakai oleh Pastur dan juga altar gereja. Warna ungu merupakan masa pertobatan kita dalam menantikan kelahiran Tuhan Yesus. Warna ungu digaunakan pada masa adven pertama, kedua, dan keempat, sedangkan masa adven ketiga menggunakan warna liturgi merah muda.
  • Korona Adven: Korona adven adalah hal yang wajib ada didalam gereja. Korona adven berisikan tiga lilin berwarna ungu dan satu lilin berwarna merah muda. Keempat lilin itu diletakan pada tempat yang berbentuk lingkaran dengan dihiasai oleh daun-daun cemara yang masih segar. Korona adven diletakan didepan altar gereja, dan dinyalakan setiap minggu satu lilin.
  • Lagu liturgi: lagu yang digaunakan dalam ekaristi perayaan masa adven bertemakan khusus. Lagu masa adven pertama dan kedua adalah lagu yang bernuansa dan bermakna pengharapan (kedatangan Yesus Kristus pada akhir zaman). Pada masa adven ketiga dan keempat lagu yang digunakan bertemakan tentang kerinduan akan kelahiran Tuhan Yesus. Dan ketika masa adven lagu Kemuliaan tidak dinyanyikan.
  • Kesederhanaan: dalam masa adven yang adalah masa pertobatan, hendaknya nuansa litugi yang digunakan dengan sederhana. Seperti musik yang digunakan jangan terlalu ceria, harus disesuaikan dengan nuansa pertobatan. Selain itu juga pilihan dekorasi altar gereja hendaknya sederhana (misalnya, mengganti dekorasi bunga-bunga dengan menggunakan daun-daunan dan ranting pohon).
  • Pendalaman Kitab Suci: salah satu persiapan gereja untuk mempersiapkan umatnya dalam masa adven adalah Pendalaman Kitab Suci. Pendalaman Kitab Suci selalu dilakukan sebagai cara umat untuk merenungkan akan kelahiran Tuhan Yesus. Setiap tahunnya tema dalam pendalaman kitab suci selalu berbeda beda, sesuai dengan ketentuan dari masing-masing keuskupan.   

BACA JUGA :

Masa adven adalah masa penantian kalahiran Yesus Kristus dan masa pertobatan. Hendaknya kita mempersiapkan diri dengan cara mendalami kitab suci dan mengurangi segala dosa yang kita lakukan.

0 Response to "MASA ADVEN 2019 - KATEKESE SINGKAT"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel