KAPAN YESUS DILAHIRKAN? APAKAH TANGGAL 25 DESEMBER?

Dalam gereja Katolik meyakini bahwa pada tanggal 25 Desember adalah peristiwa Kelahiran Yesus. Maka umat katolik diseluruh dunia merayakannya mereyakan pesta Natal. Dengan perayaan disetiap gereja yang sangat meriah dan penuh sukacita. Hari Raya Natal biasanya identik dengan pohon cemara, salju, lampu kelap-kelip, dan sinterclas. Makna yang terpancar dalam perayaan Natal sangatlah penting, karena Yesus sang juru selamat lahir di kandang domba. Peristiwa penting ini umat gereja Katolik memperingati hari Natal pada tanggal 25 Desember.

Lalu apakah benar tanggal 25 Desember Yesus Lahir? 
Ada beberapa pandangan tentang peristiwa Kelahiran Yesus ini. Mereka ada yang meyakini bahwa tanggal 25 Desember Yesus lahir, dan ada juga yang tidak percaya tanggal tersebut dan mengatakan itu tidaklah benar. 
Kali ini kita lihat dahulu sejarah bagaimana tanggal 25 Desember diperingati sebagai hari Natal.
Pada jaman dahulu umat Kristiani tidak dapat dengan bebas dan terbuka untuk berdoa bersama dan merayakan Ekaristi. Mereka harus berkumpul untuk berdoa disuatu tempat yang tersembunyi didalam lorong-lorong bawah tanah. Merekat tidak dapat melakukan ibadah ditempat yang terbuka karena takut dengan adanya sekelompok orang yang akan mengganggu kenyamanan mereka dalam beribadah. Karena banayak sekali pernyataan tentang agama Kristen adalah agama yang Kanibal. Kenapa disebut Kanibal karena mereka menganggap dalam ibadat Ekaristi Kristen ada pernyataan yang menyebutkan TERIMALAH DAN MAKANLAH INILAH TUBUHKU YANG DISERAHKAN BAGIMU. Mereka menganggap “Terimalah dan Makanlah Inilah Tubuhku” adalah bentuk Kanibal dalam beribadah agama Kristen. Disatu sisi ini adalah suatu argumen dari sekelompok orang yang ingin menjatuhkan agama Kristen. Maka dengan hal ini mereka tidak mungkin mengadakan ibdah Ekaristi secara terbuka di muka umum.  
Kaisar Konstantinus (Kaisar Roma) pada waktu itu bertobat, dan mengakui Yesus sebagai Juru Selamat umat manusia. Maka dengan ini Kaisar Konstantinus mengesahkan gereja Kristen sebagai agama yang diakui pada waktu itu. Perayaan Ekaristi pun mulai dilaksanakan di tempat-tempat umum dan bebas tanpa adanya gangguan dari kelompok yang mengganggu. Dan peristiwa ini dirayakan tanggal 25 Desember.

BACA JUGA :

Keterbatasan kita terhadap indra pengetahuan membuat kita tidak bisa meyakinkan secara pasti iya ataupun tidak tanggal tersebut. Yang terpenting hebatnya Allah orang Kristen adalah dia mau lahir menjadi manusia. Maka peristiwa Kelahiran (ulang tahun) Yesus kita peringati, karena itu konsekuensi logis menjadi manusia. Dan itu yang kita kenang tanggal 25 Desember. Pro dan Kontra tanggal 25 Desember sebagai kelahiran Yesus itu ada. Tapi kita tidak boleh jatuh dan masuk dalam pro dan kontra itu, karena tidak begitu Esensial (tidak menjadi pokok yang penting dan mendasar).

0 Response to "KAPAN YESUS DILAHIRKAN? APAKAH TANGGAL 25 DESEMBER?"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel