KITAB PERJANJIAN BARU DAN LAMA

kitab perjanjian baru dan lama

Kata perjanjian dalam bahasa Ibrani adalah berit yaitu ikatan antara kedua belah pihak sesuai dengan ketaatannya.
Apakah perjanjian lama itu? Yaitu perjanjian antara dua belah pihak, Allah dan manusia. 
Dalam kitab Keluaran 24:8 “Kemudian Musa mengambil darah itu dan menyiramkannya pada bangsa itu serta berkata Inilah darah perjanjian yang diadakan Tuhan dengan kamu, berdasarkan segala firman ini”. Inilah firman Allah dalam perjanjian dengan manusia, dan Allah menggunakan darah Domba sebagai materai yang tak terhapuskan. Dan Allah mengikat perjanjian dengan manusia dengan aturan-aturan untuk ditaati yaitu hukum taurat.
Dalam kitab keluaran 34:27-28 “berfirmanlah Tuhan kepada Musa, tuliskanlah segala firman ini sebab berdasarkan firman ini telah kuadakan perjanjian dengan engkau dan bangsa Israel”. “Dan Musa ada disana bersama-sama dengan Tuhan empat puluh hari empat puluh malam lamanya, tidak makan roti dan tidak minum air, dan ia menuliskan itu segala perkatan perjanjian yakni kesepuluh firman”. Kitab perjanjian lama yang memang diikat oleh perjanjian hukum taurat.

BACA JUGA :
. ADAM DAN HAWA
. ROSARIO PEMBEBASAN
. HUKUM KASIH

Apakah perjanjian baru itu? Perjanjian baru di ungkapkan oleh Allah lewat Yeremia untuk pembaharuan akan perjanjian lama yang telah diingkari oleh bangsa Israel. 
Yeremia 31:31 Tuhan berkata “akan tiba masanya Aku membuat perjanjian yang baru dengan umat Israel dan Yehuda. Perjanjian yang diingkari oleh bangsa Israel ada di dalam kitab Yeremia 31:32 “ bukan seperti perjanjian yang telah kuadakan dengan nenek moyang mereka pada waktu Aku memegang tangan mereka untuk membawa mereka keluar dari tanah mesir; perjanjian-Ku itu telah mereka ingkari, meskipun Aku menjadi tuan yang berkuasa atas mereka”.
Maka perjanjian baru adalah perjanjian antara Allah dan umatnya tidak lagi terikat dengan hukum taurat yang tertulis, tetapi hukum taurat yang ada didalam hati umat dan dilaksanakannya. 
Perjanjian baru adalah pembaharuan yang terikat kepada keselamatan dari yesus lewat darah anak domba. 

Apa bedanya kitab perjanjian lama dan perjanjian baru?
Kitab perjanjian lama berisi tentang nubuat tentang juru selamat yang akan datang menyelamatkan manusia. Sedangkan perjanjian baru adalah penggenapan tentang nubuat juru selamat yang sudah disampaikan beribu-ribu tahun kepada bangsa Israel, Abraham dan keturunannya.

0 Response to "KITAB PERJANJIAN BARU DAN LAMA"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel