RENUNGAN HARIAN (MINGGU, 23 FEBRUARI 2020)


RENUNGAN HARIAN KATOLIK
MINGGU, 23 FEBRUARI 2020
PEKAN BIASA VII (Warna Liturgi Hijau)

Pw St. Polikarpus; St. Willigis
BACAAN I: Im. 19:1-2.17-18
MAZMUR: 103:1-2.3-4.8.10.12.13
BACAAN II: 1Kor. 3:16-23
BACAAN INJIL: Mat. 5:38-48

Injil Matius: 5:38-48
Kamu telah mendengar firman: Mata ganti mata dan gigi ganti gigi. Tetapi Aku berkata kepadamu: Janganlah kamu melawan orang yang berbuat jahat kepadamu, melainkan siapapun yang menampar pipi kananmu, berilah juga kepadanya pipi kirimu. Dan kepada orang yang hendak mengadukan engkau karena mengingini bajumu, serahkanlah juga jubahmu. Dan siapapun yang memaksa engkau berjalan sejauh satu mil, berjalanlah bersama dia sejauh dua mil. Berilah kepada orang yang meminta kepadamu dan janganlah menolak orang yang mau meminjam dari padamu. Kamu telah mendengar firman: Kasihilah sesamamu manusia dan bencilah musuhmu. Tetapi Aku berkata kepadamu: Kasihilah musuhmu dan berdoalah bagi mereka yang menganiaya kamu. Karena dengan demikianlah kamu menjadi anak-anak Bapamu yang di sorga, yang menerbitkan matahari bagi orang yang jahat dan orang yang baik dan menurunkan hujan bagi orang yang benar dan orang yang tidak benar. Apabila kamu mengasihi orang yang mengasihi kamu, apakah upahmu? Bukankah pemungut cukai juga berbuat demikian? Dan apabila kamu hanya memberi salam kepada saudara-saudaramu saja, apakah lebihnya dari pada perbuatan orang lain? Bukankah orang yang tidak mengenal Allahpun berbuat demikian? Karena itu haruslah kamu sempurna, sama seperti Bapamu yang di sorga adalah sempurna."

BACA JUGA:

RENUNGAN:
Dalam tradisi hidup bati, ada kesempatan saling mengoreksi atau menasihati satu sama lain dalam suatu komunitas. Dalam suasana doa dan terang Roh Kudus, dengan jujur dan rendah hati masing-masing anggota dalam biara menyampaikan hal-hal yang perlu untuk diperbaiki dan dipertahankan. Tujuan jelas, yaitu untuk saling mendukung dalam mencapai kekudusan, bukan untuk saling menjatuhkan.
Hal yang sama sebenarnya sudah dijelaskan dalam kitab Imamat bacaan hari ini. “Janganlah engkau membenci saudaramu didalam hatimu, tetapi engkau harus berterus terang menegur dan jangan mendatangkan dosa” (Im.19:17). Menegur dengan memotivasi menguduskan, membutuhkan kerendahan hati dari diri kita. Biasanya kalau kita mengalami persoalan dengan saudara kita yang ada dalam diri kita adalah benci dan kemarahan. Tuntutan pengudusan dalam konflik, pertentangan dan percekcokan tidak lain adalah semangat pengampunan dan kerendahan hati. Hanya dengan semangat pengampunan dan rendah hati kita akan memliki rasa cinta persaudaraan. Bahkan menurut Yesus tidak sekedar mewujudkan belas kasih kepada mereka yang menyakiti kita, tetapi merupakan keutamaan hidup kristiani. Bagi Yesus ciri khas dari kualitas kemuridan yang sejati harus sampai pada tingkat keutamaan belas kasih, yaitu memberikan dengan rela; bukan karena kewajiban melaikan karena kemurahan hati kita.
Allah Yang Mahamurah, bimbinglah kami dalam teang Roh Kudus-Mu, agar hari-hari selanjutnya kami semakin berbelas kasih kepada sesama. Amin

0 Response to "RENUNGAN HARIAN (MINGGU, 23 FEBRUARI 2020)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel