RENUNGAN HARIAN KATOLIK SENIN 13 JANUARI 2020


RENUNGAN HARIAN KATOLIK
SENIN, 13 JANUARI 2020
PEKAN BIASA I (Warna Liturgi Hijau)

St. Hilarius, Usk. PujG
BACAAN I: 1Sam. 1:1-8
MAZMUR: 116:12-13.1417.18-19
BACAAN INJIL: Mrk. 1:14-20

Injil Markus 1:14-20
Sesudah Yohanes ditangkap datanglah Yesus ke Galilea memberitakan Injil Allah, kata-Nya: "Waktunya telah genap; Kerajaan Allah sudah dekat. Bertobatlah dan percayalah kepada Injil!". Ketika Yesus sedang berjalan menyusur danau Galilea, Ia melihat Simon dan Andreas, saudara Simon. Mereka sedang menebarkan jala di danau, sebab mereka penjala ikan. Yesus berkata kepada mereka: "Mari, ikutlah Aku dan kamu akan Kujadikan penjala manusia." Lalu merekapun segera meninggalkan jalanya dan mengikuti Dia. Dan setelah Yesus meneruskan perjalanan-Nya sedikit lagi, dilihat-Nya Yakobus, anak Zebedeus, dan Yohanes, saudaranya, sedang membereskan jala di dalam perahu. Yesus segera memanggil mereka dan mereka meninggalkan ayahnya, Zebedeus, di dalam perahu bersama orang-orang upahannya lalu mengikuti Dia.

RENUNGAN:
Kita memasuki masa biasa bersama ajakan Yesus: “Waktunya telah genap: Kerajaan Allah sudah dekat. Bertobatlah dan percayalah kepada Injil”. Tujuan Yesus adalah membangun Kerajaan Allah: saat dan keadaan ketika orang mengakui kuasa Allah untuk merajai dan memimpin hidupnya. Karena itu, kerajaan ini harus dimulai dari pertobataan kita. Bertobat dari praktik hidup berdasarkan pada nilai-nilai dunia menuju hidup berdasarkan Injil.

Injil Markus paling singkat dan dianggap yang paling tua dibandingkan injil-injil lain. Membaca Injil ini kita laksana diajak berjalan cepat oleh Yesus yang dengan penuh semangat mewartakan Kerajaan Allah dengan ajaran dan karya-Nya. Untuk itu, mengajak murid-murid-Nya dan termasuk kita: “Mari, ikutlah Aku, dan kamu akan kujadikan penjala manusia”. mengikuti Yesus berarti bersama-sama dengan Dia membangun kerajaan Allah. dan ini harus mengubah orientasi hidu kita dari sekedar mencari nafkah (menjala ikan) menjadi mencari manusia (menjala manusia) untuk diselamatkan, untuk menerima Allah sebagai raja kehidupan kita. 

Hana yang menderita karena tak punya anak, dikabulkan doanya dengan melahirkan Samuel yang kemudian diserahkan kembali kepada Allah. Hana percaya Tuhan sudah dan akan senantiasa menyelenggarakan hidupnya, maka dia berani mempersembahkan anak tunggalnya kepada Tuhan untuk membangun Kerajaan Damai. 

BACA JUGA:

Tuhan, Engkau senantiasa menyelenggarakan hidup kami, semoga kami berani bertobat dan percaya pada Injil untuk ambil bagian dalam membangun Kerajaan-Mu. Amin

0 Response to "RENUNGAN HARIAN KATOLIK SENIN 13 JANUARI 2020"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel