RENUNGAN HARIAN KATOLIK MINGGU 12 JANUARI 2020


RENUNGAN HARIAN KATOLIK
MINGGU, 12 JANUARI 2020
Hari Raya PEMBAPTISAN TUHAN (Warna Liturgi Hijau)

Sta. Hilda; St. Modestus; St. Aelredus; St. Bernadus
BACAAN I: Yes. 42:1-4.6-7
MAZMUR: 29:1a.2.3ac-4.3b, 9b-10;R:11b
BACAAN II: Kis. 10:34-38

BACAAN INJIL: Mat. 3:13-17
Maka datanglah Yesus dari Galilea ke Yordan kepada Yohanes untuk dibaptis olehnya. Tetapi Yohanes mencegah Dia, katanya: "Akulah yang perlu dibaptis oleh-Mu, dan Engkau yang datang kepadaku?" Lalu Yesus menjawab, kata-Nya kepadanya: "Biarlah hal itu terjadi, karena demikianlah sepatutnya kita menggenapkan seluruh kehendak Allah." Dan Yohanespun menuruti-Nya. Sesudah dibaptis, Yesus segera keluar dari air dan pada waktu itu juga langit terbuka dan Ia melihat Roh Allah seperti burung merpati turun ke atas-Nya, lalu terdengarlah suara dari sorga yang mengatakan: "Inilah Anak-Ku yang Kukasihi, kepada-Nyalah Aku berkenan."

RENUNGAN:
Injil hari ini menunjukan kepada kita bahwa Tuhan Yesus menjalani apa pun demi kepentingan kita, bukan demi kemuliaanNya. Yesus mau dibaptis oleh Yohanes agar menjadi seperti kita. Dia menjalani pembaptisan supaya lewat pembaptisan kita juga mau menjadi seperti Dia. 

Untuk itu, kita sebagai orang-orang Katolik, peristiwa pembaptisan yang kita alami merupakan peristiwa iman. Allah mendatangi kita dan mau bersolider dengan kita. Ia turut merasakan pengalaman nyata kita dalam hidup sehari-hari. Yesus, Sang Putera Allah mau menjadi sama dengan kita, kecuali dalam hal dosa.

Peristiwa ini dimaknai sekurang-kurangnya dalam dua hal: 
Pertama, sebuah ajakan untuk kita mendekatkan diri kepada Tuhan setelah kita menghindar jauh dari Tuhan akibat dosa-dosa kita. Dialah putera Allah dan kepada Dia, Bapa disurga berkenan. “Inilah Anak-Ku yang kukasihi kepada-Nyalah Aku berkenan”.

Kedua, sebuah perintah untuk kita bersolider dengan yang lain. Jika Tuhan Yang Mahatinggi sudah sedemikian solidernya dengan kita, mengapa kita begitu sulit untuk bersolider dengan sesama? Kita dituntut untuk bersolider atau berbela rasa dengan sesama karena Tuhan sudah terlebih dahulu bersolider dengan kita. Semoga, rahmat pembaptisan yang kita terima meneguhkan niat dan usaha kita untuk mendekatkan diri dengan Tuhan dan bersolider dengan sesama.

BACA JUGA:

Tuhan Yesus, Engkau ikut dibaptis sama dengan kami, orang-orang berdosa ini. Semoga kami, Engkau baptis dengan Roh Kudus sehingga kami sungguh-sungguh memaknai identitas kami sebagai pengikut-Mu yang sejati. Amin.

0 Response to "RENUNGAN HARIAN KATOLIK MINGGU 12 JANUARI 2020"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel