MAKNA DAN ARTI DOA BAPA KAMI


DOA BAPA KAMI

Doa bapa kami adalah doa yang satu-satunya Tuhan Yesus ajarkan kepada para muridnya. Yesus dan Allah adalah satu, dan Yesus berdoa di tempat yang tersembunyi. Jika kita berdoa seperti Yesus, maka kita akan bersatu dengan Bapa. Kekuatan dan kuasa Yesus datangnya dari Allah dan orang-orang yang sakit disembuhkannya. Banyak tanda dan mukjizat Tuhan yang dibuat, diantaranya ialah membangkitkan orang yang mati, dan memberi makan ribuan orang dengan 2 ikan dan 5 roti. Semua orang melihatnya takjub akan hal itu, lalu murid-muridnya bertanya kepada Yesus, bagaimana mereka harus berdoa. Kata Yesus, jika kamu berdoa janganlah bertele-tele seperti kebiasaan orang yang tidak mengenal Allah. Yesus mengajarkan doa bapa kami kepada muridnya dan itu adalah doa yang sempurna mencakup semua masalah dalam hidup.

Lalu apa arti dan makna doa bapa kami?
Doa bapa kami memiliki makna yang mendalam dari setiap kalimat yang ada. Mari kita simak makna doa bapa kami:
  • Bapa kami yang ada disurga. Maknanya adalah Allah pencipta langit dan bumi adalah Bapa kita. Kita mempunyai hubungan yang erat karena dia adalah Bapa dan kita adalah anaknya. Karena kasih Allah, ia mengangkat kita menjadi anak-anaknya yang istimewa dihadapannya. Kasih Bapa tidak akan lari dan jauh dari kehendaknya. 
  • Dimuliakanlah namaMu. Dalam hidup ini kita haruslah memuliakan nama Allah, baik di dalam doa maupun dalam kehidupan kita sehari-hari. Kita harus meluhurkan nama Allah, dan janganlah menyebut Tuhan Allah dengan tidak hormat. 
  • Datanglah kerajaanMu. Kerajaan Allah yang adalah Surga merupakan tempat yang diinginkan manusia ketika sudah meninggal. Kerajaan Allah adalah nyata dan ada bagi orang-orang yang beriman kepadaNya. Maka carilah kerajaan Allah selagi kita hidup didunia, dengan cara berbuat baik dan kasih terhadap sesama dan Allah. Kerajaan Allah adalah damai sejahtera, sukacita, dan kebenaran oleh karena firmanNya.
  • Jadilah kehendakMu, diatas Bumi seperti didalam surga. Kehendak Allah bagi umat manusia sangatlah nyata. Jika Allah berkehendak apapun dapat terjadi, tidak ada yang mustahil bagi Allah. Kita berserah atas kehendak Allah atas semua rencana dan rancangan hidup yang Allah berikan. Karena Allah yang lebih tahu dan mengerti apa yang terbaik bagi hidup kita.     
  • Berilah kami rejeki pada hari ini. Doa supaya Tuhan memberikan kita rejeki dalam hidup kita. Tuhan peduli dan mengerti akan kebutuhan kita, maka haruslah kita memintanya kepada Allah rejeki dan berusaha didalamnya.
  • Dan ampunilah kesalahan kami seperti kamipun mengampuni yang bersalah kepada kami. Banyak sekali dosa yang kita lakukan baik disengaja maupun tidak disengaja, maka sepantasnya kita mohon ampun atas dosa-dosa kita. Ketika kita mohon ampun atas dosa dan kesalahan, kita juga perlu mengampuni segala dosa orang lain yang menyakiti hati kita. Karen Allah adalah kasih, maka kita pun perlu mengasihi Allah dan orang lain.  
  • Dan janganlah masukan kami kedalam pencobaan, tetapi bebaskanlah kami dari yang jahat. Kita yang adalah umat beriman, menjadi tempat roh jahat supaya kita masuk dalam dosa. Roh jahat ingin dan senang jika manusia berbuat jahat dan dosa, maka kita perlu berdoa kepada Allah supaya kita diauhkan dalam pencobaan. Hindari lah dosa yang membuat kita terjatuh, dan memohon kepada Allah supaya kita dibebaskan dari hal yang jahat.
BACA JUGA:

0 Response to "MAKNA DAN ARTI DOA BAPA KAMI"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel