NABI PALSU MENURUT ALKITAB

nabi nabi

Nabi adalah orang yang menerima wahyu dari Allah ataupun suara Tuhan untuk disampaikan kepada umat manusia. Tujuannya adalah untuk pertobatan, supaya manusia hidup dijalan kebenaran sesuai dengan kehedak Allah. Nabi bertugas menegur dan membangun orang untuk hidup kudus dan ia tidak akan mencari keuntungan untuk diri sendiri.

Lalu bagaimana dengan Nabi palsu:
Nabi palsu adalah orang yang merasa dan menerima wahyu dari Tuhan. Meraka hanya merasa menerima, dan tidak ada kepastian yang jelas. Mereka merasa mendapat wahyu dari malaikat dan Tuhan, yang sebenarnya itu hanyalah perasaan dari pikiran sendiri atau bisikan dari roh jahat. 
Nabi palsu memberikan isi dan nasihat yang dapat menyesatkan manusia dan bertentangan dengan kebenaran yang sesungguhnya. Dalam kitab Matius 7:15 tertulis, “Waspadalah terhadap nabi-nabi palsu yang datang kepadamu dengan menyamar seperti domba, tetapi sesungguhnya mereka adalah srigala yang buas”. Dalam ayat diatas bahwa, Tuhan Yesus telah memperingatkan bahwa akan datangnya nabi-nabi palsu. Lalu bagimana ciri-ciri yang tampak dari Nabi palsu itu.

Ciri Nabi palsu:
  1. Nabi palsu memiliki sifat Munafik, disisi lain ia tampak baik tetapi aslinya jahat. Seperti dikatakan dalam ayat diatas mereka menyamar seperti domba tetapi sesungguhnya srigala yang buas. 
  2. Nabi palsu melakukan mukjizat. Nabi palsu dapat saja melakukan mukjizat, tetapi datangnya tidak dari Tuhan. Mereka dapat melakukan itu dengan sihir-sihirnya yang dapat menipu umat manusia. 
  3. Nabi palsu memiliki sifat menyesatkan. Dalam kitab suci ada tertulis akan ada nabi palsu yang menyesatkan banyak orang. Nabi palsu akan menyesatkan dengan ajaran-ajaran yang menyimpang dari kebenaran. 
  4. Nabi palsu memiliki sifat jahat dan berbuat kejahatan. Mereka mempunyai tujuan yang jahat untuk mencerai-beraikan umat Allah. Nabi palsu memiliki sifat jahat dan tidak sesuai dengan perkataannya. Dari perbuatan yang dilakukannya itu kita akan mengetahui nabi yang palsu, ia dapat memperdaya manusia dari perkataannya yang baik. Ia tidak menujukan teladan hidup yang kudus dan yang dikehedaki oleh Allah. 
  5. Nabi palsu menyangkal dan tidak mengakui Tuhan Yesus. Dalam kitab suci 1Yohanes 4:1-3 dikatakan “Saudara-saudaraku yang terkasih janganlah percaya akan setiap roh, tetapi ujilah roh-roh itu, apakah mereka berasal dari Allah; sebab banyak nabi-nabi palsu yang telah muncul dan pergi ke seluruh dunia”. Nabi-nabi palsu tidak mengakui Tuhan Yesus, tetapi mereka akan menyangkalnya.

0 Response to "NABI PALSU MENURUT ALKITAB"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel