RENUNGAN HARIAN KATOLIK SABTU, 01 FEBRUARI 2020


RENUNGAN HARIAN KATOLIK
SABTU, 01 FEBRUARI 2020
PEKAN BIASA III (Warna Liturgi Hijau)

Sta. Brigita; St. Severus; B. Marie Anne dan Odille
BACAAN I: 2Sam. 12:1-7a.10-17
MAZMUR: 51:12-13.14-15.16-17
BACAAN INJIL: Mrk. 4:35-41

Injil Markus 4:35-41
Pada hari itu, waktu hari sudah petang, Yesus berkata kepada mereka: "Marilah kita bertolak ke seberang." Mereka meninggalkan orang banyak itu lalu bertolak dan membawa Yesus beserta dengan mereka dalam perahu di mana Yesus telah duduk dan perahu-perahu lain juga menyertai Dia. Lalu mengamuklah taufan yang sangat dahsyat dan ombak menyembur masuk ke dalam perahu, sehingga perahu itu mulai penuh dengan air. Pada waktu itu Yesus sedang tidur di buritan di sebuah tilam. Maka murid-murid-Nya membangunkan Dia dan berkata kepada-Nya: "Guru, Engkau tidak perduli kalau kita binasa?" Iapun bangun, menghardik angin itu dan berkata kepada danau itu: "Diam! Tenanglah!" Lalu angin itu reda dan danau itu menjadi teduh sekali. Lalu Ia berkata kepada mereka: "Mengapa kamu begitu takut? Mengapa kamu tidak percaya?" Mereka menjadi sangat takut dan berkata seorang kepada yang lain: "Siapa gerangan orang ini, sehingga angin dan danaupun taat kepada-Nya?"

BACA JUGA:

RENUNGAN:
Kisah Natan memperingatkan Daud akan kelalaian sebagai orang kepercayaan Allah, merupakan sikap seorang nabi. Baginya tidak layak seorang yang dikasihi Allah menkhianati-Nya dengan tindakan amoral, yaitu mengambil istri perwiranya. Digambarkan seperti orang kaya yang memiliki banyak kambing, tetapi malah mengambil kambing satu-satunya dari orang miskin dan menyembelihnya. Hal ini menggambarkan, Daud tidak mampu menghadapi gelombang yang berkecamuk dalam hatinya karena ia tidak mengandalkan Allah. sehebat apapun kalau mengandalkan kekuatan manusia tidak akan pernah menyelesaikan persoalan. Ketika para murid mengandalkan Yesus, badai menjadi berlalu dan suasana menjadi teduh.

Mengesampingkan  Allah dari pusaran kehidupan membuat perahu kehidupan kita diterpa gelombang. Bukan Allah yang menjauh dari kita, melainkan kita sendiri. Dari pihak Allah selalu menawarkan keselamatan untuk kita, tetapi dalam banyak kesempatan kita menolak tawaran itu dan lebih memilih keinginan daging kita sendiri. Padahal kita tahu bahwa Allah bisa melakukan apa saja untuk kita. “...angin dan danau pun taat kepada-Nya”. Pada hari ini, Yesus kembali bertanya kepada kita tentang sejauh mana kita mengimani dan yakin akan kuasa-Ny: “Mengapa kamu begitu takut? Mengapa kamu tidak percaya?”.

Allah Bapa Yang Mahakasih, kami percaya Engkauselalu menyertai kami dan selalu memberi rahmat yang cukup untuk kami. Berilah kami kemampuan untuk mempercayakan diri kami kepada-Mu dalam peristiwa-peristiwa kehidupan ini. Karena hanya Engkaulah andalan kami, kini dan sepanjang masa. Amin

0 Response to "RENUNGAN HARIAN KATOLIK SABTU, 01 FEBRUARI 2020"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel