RENUNGAN HARIAN KATOLIK JUMAT, 31 JANUARI 2020


RENUNGAN HARIAN KATOLIK
JUMAT, 31 JANUARI 2020
PEKAN BIASA III (Warna Liturgi Putih)
Pw. St. Yohanes Bosko
BACAAN I: 2Sam. 11:1-4a.5-10a.13-17
MAZMUR: 51:3-4.5-6a.6bc-7.10-11
BACAAN INJIL: Mrk. 4:26-34
Injil Markus 4:26-34
Lalu kata Yesus: "Beginilah hal Kerajaan Allah itu: seumpama orang yang menaburkan benih di tanah, lalu pada malam hari ia tidur dan pada siang hari ia bangun, dan benih itu mengeluarkan tunas dan tunas itu makin tinggi, bagaimana terjadinya tidak diketahui orang itu. Bumi dengan sendirinya mengeluarkan buah, mula-mula tangkainya, lalu bulirnya, kemudian butir-butir yang penuh isinya dalam bulir itu. Apabila buah itu sudah cukup masak, orang itu segera menyabit, sebab musim menuai sudah tiba." Kata-Nya lagi: "Dengan apa hendak kita membandingkan Kerajaan Allah itu, atau dengan perumpamaan manakah hendaknya kita menggambarkannya? Hal Kerajaan itu seumpama biji sesawi yang ditaburkan di tanah. Memang biji itu yang paling kecil dari pada segala jenis benih yang ada di bumi. Tetapi apabila ia ditaburkan, ia tumbuh dan menjadi lebih besar dari pada segala sayuran yang lain dan mengeluarkan cabang-cabang yang besar, sehingga burung-burung di udara dapat bersarang dalam naungannya." Dalam banyak perumpamaan yang semacam itu Ia memberitakan firman kepada mereka sesuai dengan pengertian mereka, dan tanpa perumpamaan Ia tidak berkata-kata kepada mereka, tetapi kepada murid-murid-Nya Ia menguraikan segala sesuatu secara tersendiri.

Baca Juga:

RENUNGAN:
Daud raja yang perkasa tidak lepas dari godaan, sehingga dia jatuh dalam dosa dengan isteri perwiranya yang sedang perang. Suatu dosa biasanya selalu disertai dosa lain yang dimaksudkan untuk menutupi dosa tersebut, dan dosa lain lagi yang lebih besar. Karena itu kita harus benar-benar waspada untuk tidak jatuh dalam godaan dosa yang ada dalam setiap tahap hidup kita. Yang jahat senantiasa siap untuk menggoda kita disertai dengan situasi kita dan tahap hidup kita.

Sebagaimana dosa bertumbuh kembang, demikian pula iman dan rahmat Tuhan dalam hidup kita. Yesus menunjukan di sini bahwa iman akan Kerajaan Allah itu bertumbuh seperti tanaman hingga berbuah, atau seperti pohon yang menjadi naungan kehidupan bagi yang lain. Namun, kita hanya dapat memahami dan ikut mengembangkan kalau kita mau merenungkannya menjadi murid Tuhan yang setia seperti Maria. Banyak orang yang giat bekerja, termasuk dalam Gereja justru paling enggan untuk refleksi. Mereka merasa lebih baik terus bekerja daripada “membuang waktu” untuk menjadi murid yang merefleksi dan mendengarkan uraian Tuhan, sehingga imannya juga tetap kerdil tanpa pemahaman: tanpa perumpamaan Ia tidak berkata-kata kepada mereka, tetapi kepada murid-murid-Nya Ia menguraikan segala sesuatu secara tersendiri. 

Tuhan Yesus, kuatkanlah iman kami terhadap godaan apapun. Semoga kami setia merenungkan firman-Mu. Amin

0 Response to "RENUNGAN HARIAN KATOLIK JUMAT, 31 JANUARI 2020"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel