RENUNGAN HARIAN KATOLIK KAMIS 9 JANUARI 2020


RENUNGAN HARIAN KATOLIK
KAMIS, 09 JANUARI 2020
HARI BIASA SESUDAH EPIFANI (Warna Liturgi Putih)

St. Anderas Korsini; Sta. Marsiana.
BACAAN I: 1Yoh. 4:19-54
MAZMUR: 72:1-2.14.15bc.17; R:lih.11
BACAAN INJIL: Luk. 4:14-22a

Injil Lukas 4:14-22a
Dalam kuasa Roh kembalilah Yesus ke Galilea. Dan tersiarlah kabar tentang Dia di seluruh daerah itu. Sementara itu Ia mengajar di rumah-rumah ibadat di situ dan semua orang memuji Dia. Ia datang ke Nazaret tempat Ia dibesarkan, dan menurut kebiasaan-Nya pada hari Sabat Ia masuk ke rumah ibadat, lalu berdiri hendak membaca dari Alkitab. Kepada-Nya diberikan kitab nabi Yesaya dan setelah dibuka-Nya, Ia menemukan nas, di mana ada tertulis: "Roh Tuhan ada pada-Ku, oleh sebab Ia telah mengurapi Aku, untuk menyampaikan kabar baik kepada orang-orang miskin; dan Ia telah mengutus Aku untuk memberitakan pembebasan kepada orang-orang tawanan, dan penglihatan bagi orang-orang buta, untuk membebaskan orang-orang yang tertindas, untuk memberitakan tahun rahmat Tuhan telah datang." Kemudian Ia menutup kitab itu, memberikannya kembali kepada pejabat, lalu duduk; dan mata semua orang dalam rumah ibadat itu tertuju kepada-Nya. Lalu Ia memulai mengajar mereka, kata-Nya: "Pada hari ini genaplah nas ini sewaktu kamu mendengarnya." Dan semua orang itu membenarkan Dia dan mereka heran akan kata-kata yang indah yang diucapkan-Nya, lalu kata mereka: "Bukankah Ia ini anak Yusuf ?".

RENUNGAN:
Seperti Yesus, tanda bahwa orang dalam kuasa Roh Kudus adalah dia selalu tergerak untuk mengasihi, untuk membawa keselamatan, terlebih kepada mereka yang paling miskin dan membutuhkan. Inilah misi Yesus dan juga misi kita yang mau mengikuti-Nya. Dan kita tak perlu ragu akan kemampuan kita, karena Roh yang mengurapi Yesus juga dicurahkan kepada kita: “Roh Tuhan ada pada-Ku, oleh sebab Ia telah mengurapi Aku, untuk menyampaikan kabar baik kepada orang-orang miskin.. memberikan pembebasan kepada orang-orang tawanan... memberikan tahun rahmat Tuhan telah datang”. 

Roh Tuhan akan semakin nyata kehadiran-Nya manakala kita bertobat dan ambil bagian dalam misi kasih-Nya. Kasih kepada Tuhan harus diwujudkan dalam kasih nyata kepada sesama dengan selalu tanggap pada kebutuhan sesama: “Barang siapa tidak mengasihi saudaranya yang dilihatnya, tidak mungkin mengasihi Allah yang tidak dilihatnya... setiap orang yang mengasihi Dia yang melahirkan, mengasihi juga dia yang lahir dari pada-Nya” (1Yoh.4:20; 5:1).

BACA JUGA:

Ya Allah Roh Kudus, gerakanlah kami senantiasa untuk peduli pada sesama yang membutuhkan agar mereka dan diri kami sendiri merasakan bahwa Allah sungguh hadir sebagi Bapa kami semua. Amin

0 Response to "RENUNGAN HARIAN KATOLIK KAMIS 9 JANUARI 2020 "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel