RENUNGAN HARIAN KATOLIK 8 JANUARI 2020

RENUNGAN HARIAN KATOLIK
RABU, 08 JANUARI 2020
HARI BIASA SESUDAH EPIFANI (Warna Liturgi Putih)

St. Severinus, Paus: St. Lusianus Beauvais; St. Apolinaris; B. Didakus Yoseph
BACAAN I: 1Yoh. 4:11-18
MAZMUR: 72:1-2.10-11.12-13; R lih.11
BACAAN INJIL: Mak. 6:45-52

Injil Markus 6:45-52
Sesudah itu Yesus segera memerintahkan murid-murid-Nya naik ke perahu dan berangkat lebih dulu ke seberang, ke Betsaida, sementara itu Ia menyuruh orang banyak pulang. Setelah Ia berpisah dari mereka, Ia pergi ke bukit untuk berdoa. Ketika hari sudah malam perahu itu sudah di tengah danau, sedang Yesus tinggal sendirian di darat. Ketika Ia melihat betapa payahnya mereka mendayung karena angin sakal, maka kira-kira jam tiga malam Ia datang kepada mereka berjalan di atas air dan Ia hendak melewati mereka. Ketika mereka melihat Dia berjalan di atas air, mereka mengira bahwa Ia adalah hantu, lalu mereka berteriak-teriak, sebab mereka semua melihat Dia dan merekapun sangat terkejut. Tetapi segera Ia berkata kepada mereka: "Tenanglah! Aku ini, jangan takut!" Lalu Ia naik ke perahu mendapatkan mereka, dan anginpun redalah. Mereka sangat tercengang dan bingung, sebab sesudah peristiwa roti itu mereka belum juga mengerti, dan hati mereka tetap degil.

BACA JUGA:

RENUNGAN:
Melihat suatu yang aneh atau luar biasa, kita begitu cepat takut karena menghubungkan dengan hantu. Mengapa kita tidak melihat kehadiran Tuhan dalam peristiwa tersebut? Apakah itu yang menunjukan bahwa kita lebih merasa dekat dengan hantu daripada dengan Tuhan? Inilah yang juga reaksi para murid Yesus ketka berjalan diatas air. Reaksi takut membuat mereka tidak mengenali bahwa itu Yesus. Hanya setelah Yesus berkata: “Tenanglah! Aku ini, jangan takut”, mereka sadar bahwa itu Yesus.
Salah satu sapaan Tuhan yang paling sering lewat malaikat manapun nabinya adalah “jangan takut!” Ketakutan membuat kita lumpuh dan putus asa. Ketakutan memperkeruh permasalahan, sehingga sebaliknya dari jalan keluar, kita sering malah saling menyerang. Akibat pertama dari dosa manusia adalah rasa takut untuk didekati Tuhan. Kita perlu melihat dan mensyukuri kasih setia Tuhan dalam hidup kita: “Di dalam kasih tidak ada ketakutan: kasih yang sempurna melenyapkan ketakutan; sebab ketakutan mengandung hukuman, dan barang siapa takut, ia tidak sempurna di dalam kasih” (1Yoh.4:18). 
Banyak orang beragama takut karena hukuman. Tuhan lebih sering dilihat sebagai hakim yang siap untuk menghukum. Dan mereka yang merasa taat hukum, juga mau menegakan hukum dengan menghukum bahkan membuat celaka sesamanya. Karena itu, agama sering menjadi sumber perang daripada damai, menjadi sumber teror daripada kasih. Yesus ingin kehadiranNya membuat orang merasa nyaman dan aman: “Tenanglah! Aku ini, jangan takut!”.
Yesus, Engkau menghardik angin sakal yang membuat perahu para murid-Mu terombang-ambing. Semoga Engkau juga menghalau badai yang menerpa bahtera hidup kami. Amin

0 Response to "RENUNGAN HARIAN KATOLIK 8 JANUARI 2020"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel