YEREMIA 29:11 - MAKNA DAN PENJELASANNYA


Yeremia 29:11, “Sebab Aku ini mengetahui rancangan-rancangan apa yang ada pada-Ku mengenai kamu, demikianlah firman TUHAN, yaitu rancangan damai sejahtera dan bukan rancangan kecelakaan, untuk memberikan kepadamu hari depan yang penuh harapan”.
Makna yang terkandung dari ayat ini adalah bahwa surat ini merupakan kiriman dari Nabi Yeremia kepada bangsa Yehuda. Peristiwa yang terjadi ketika itu adalah bangsa Yehuda yang sedang ditawan di daerah babel. Tuhan menawan bangsa Yehuda di babel selama tujuh puluh tahun. Tujuan Tuhan menawan bangsa Yehuda dibabel adalah supaya mereka mau kembali kepada Tuhan serta mengandalkan Tuhan dalam kehidupan mereka. 
Sebagaimana jika sebuah bangsa sedang ditawan maka mereka akan merasa tertekan dan mengalami masa sulit. Tetapi Tuhan yang sedang mencobai bangsa Yehuda memberikan kekuatan supaya mereka bertahan. Kiriman surat Nabi Yeremia diatas merupakan bentuk pertolongan Tuhan kepada bangsa Yehuda agar mereka dapat bangkit kembali dan mempunyai kekuatan dan harapan dari pertolongan Tuhan.   

Tuhan mengetahui akan rancangan hidup bangsa Yehuda, dan Tuhan memberikan suatu pengharapan kepada mereka untuk selalu mengandalkan Tuhan dalam kehidupannya.
Sama halnya dengan hidup kita, jika ada kegagalan dan masa-masa hidup yang sulit, itu merupakan salah satu rancangan Tuhan. Rancangan yang diberikan untuk masa depan hidup yang lebih baik.

BACA JUGA: 

Selanjutnya kitab Yeremia 29:12, “Dan apabila kamu berseru dan datang untuk berdoa kepadaku, maka Aku akan mendengarkan kamu”. Maka makna dari ayat ini adalah kita hendaknya meminta pertolongan hidup dalam doa ketika kita memiliki suatu masalah. Masalah hidup yang Tuhan berikan tentu tidak akan melampaui batas kemampuan manusia. Ada berbagai macam jalan yang Tuhan berikan untuk membantu hidup kita, terkadang doa yang tidak dikabulkan adalah rencana terbaik dari Tuhan untuk kita. Tuhan tahu apa yang kita butuhkan, bukan yang kita inginkan. Rancangan dan rencana Tuhan merupakan rancangan damai sejahtera untuk memberikan masa depan yang pasti untuk kehidupan kita. 

Selalu berdoa dan mengandalkan Tuhan, ketika kita sedang dalam masa-masa sulit dan terpuruk. Ketika kita tidak memiliki harapan akan hidup ini maka percayakan semuanya itu kepada Tuhan. 
Jangan pernah meninggalkan Tuhan ketika kita dalam masa sulit atupun masa yang bahagia. 

0 Response to "YEREMIA 29:11 - MAKNA DAN PENJELASANNYA"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel