ISHAK DAN RIBKA - CERITA ANAK KATOLIK

ISHAK DAN RIBKA

Ishak adalah seorang anak dari Abraham dan Sara. Sara ibunya yang sudah meninggal di usia 127 tahun, ia meninggal di Hebron tanah Kanaan. Sedangkan ayahnya Abraham adalah orang yang diberkati Tuhan dalam segala hal, Ia sudah tua dan lanjut usianya. Abraham berbicara kepada Eliezer hambanya yang paling tua dirumahnya untuk mencarikan seorang istri bagi anaknya Ishak. Abraham ingin sekali memberikan Ishak istri yang baik, bukan dari tanah kanaan tetapi dari tanah Aram mesopotamia.

Lalu Abraham memerintahkan Eliezer untuk pergi ke tanah Aram Mesopotamia bersama dengan sepuluh orang dan unta-untanya serta membawa barang-barang yang berharga untuk mencarikan istri untuk Ishak. Sesampainya ditempat yang dituju Eliezer menaruh untanya diluar kota dekat suatu sumur dan berdoa kepada Tuhan supaya ditunjukanNya belas kasih Tuhan kepada Abraham agar tujuannya dapat tercapai. 

Setelah berdoa, maka datanglah Ribka seorang gadis yang sangat cantik. Ribka hendak mengambil air dari sumur yang ada disitu. Lalu Eliezer berkata kepada Ribka, supaya ia memberikan sedikit air yang dibawanya itu. Dan Ribka memberikan air itu untuk diminum oleh Eliezer dan juga memberikannya kepada unta yang dibawanya tadi. 

BACA JUGA :

Eliezer lalu berkata supaya Ribka, apakah ada tempat untuk bermalam bagi kami serta tempat untuk unta-untaku. Ribka pun pergi ke rumah untuk berbicara kepada ayahnya, di rumahnya tinggal juga saudaranya laki-laki yang bernama Laban. Mendengar hal itu Laban keluar rumah menemui Eliezer dan mempersilahkan mereka masuk ke dalam rumahnya.

Setelah didalam rumah itu Eliezer yang diutus oleh Abraham berkata, Aku ini hamba Abraham, dan Ia diutus untuk mencarikan seorang istri untuk Ishak anak Abraham. Lalu Laban dan Betwel (Ayahnya Ribka) menjawab, supaya Ribka seorang gadis yang cantik dan baik hati di bawa untuk istri anak tuanmu Abraham, seperti yang difirmankan oleh Tuhan.

Mendengar hal itu Eliezer bersujud dan bersyukur kepada Tuhan. Dan Eliezer dan Ribka serta orang-orang yang diutus Abraham pergi dengan menggunakan unta tersebut pulang ke tanah kanaan.
Ishak yang sudah berdiri didepan rumahnya melihat Eliezer dan Ribka serta orang-orang utusannya itu. Ia melihat Ribka yang cantik itu dan mengambil dia untuk dijadikan istrinya. Dan Ishak sangat mencintai Ribka, yang juga menjadi penghiburan bagi hatinya setelah ditinggalkan oleh ibunya Sara.

0 Response to "ISHAK DAN RIBKA - CERITA ANAK KATOLIK"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel