CARA MENGAKU DOSA - IBADAT TOBAT KATOLIK


Dalam merayakan peristiwa Paskah atau pun Natal, Gereja Katolik memberikan pelayanan sakramen tobat bagi umat.  Dalam pelayanan sakramen tobat biasanya Patur yang akan meberikan pelayanan langsung terhadp umat. Dengan sakramen tobat, kita umat Katolik diharapkan dapat memiliki jiwa yang baru dan bersih dalam menyambut persitiwa Paskah atau Natal. Dengan pelayanan sakramen tobat ini, hendaknya kita pergunakan dan kita ikuti dengan baik. Berikut ini merupakan rumusan pengakuan dosa, jika merasa ada yang kesulitan:

I   : Dalam Nama Bapa Dan Putera Dan Roh Kudus. Amin.
      Silahkan Sekarang Mengaku Dosa
U : Bapa, Pengakuan Dosa Saya Yang Terakhir.............Bulan Yang Lalu. Dosa-Dosa Saya Ialah.........
      Saya Menyesal Atas Semua Dosa Saya, Dan Dengan Hormat Saya Mohon Pengampunan Yang 
      Berguna Bagi Saya.
I : ALLAH, BAPA YANG MAHAMURAH TELAH MENDAMAIKAN DUNIA DENGAN DIRINYA DALAM WAFAT DAN KEBANGKITAN PUTERANYA. IA TELAH MENGHANCURKAN ROH KUDUS DAN BERKAT PELAYANAN GEREJA, IA MELIMPAHKAN PENGAMPUNAN DAN DAMAI KEPADA ORANG YANG BERTOBAT, MAKA SAYA MELEPASKAN SAUDARA DARI SEGALA DOSA DALAM NAMA BAPA DAN PUTERA DAN ROH KUDUS. AMIN 

DOA TOBAT.
Allah yang maharahim, aku menyesal atas dosa-dosaku. Aku sungguh patut Engkau hukum, terutama karena aku telah tidak setia kepada Engkau yang maha pengasih dan maha baik bagiku.
Aku benci akan segala dosaku, dan berjanji dengan perolongan rahmatMu hendak memperbaiki hidupku dan tidak akan berbuat dosa lagi. Allah yang maha murah ampunilah aku orang berdosa. Amin

BACA JUGA: 

Itulah rumusan dalam sakramen tobat yang dilakukan oleh Gereja Katolik pada umumnya. Jangan merasa takut mengaku dosa dalam ruangan kepada Pastur, karena Gereja Katolik menjamin akan rahasia dosa-dosa yang kita utarakan kepada Pastur. Pastur dan Imam yang telah diberikan tugas dan tanggungjawabnya akan memegang teguh janji yang telah diucapkannya.  Semoga dengan kita mengikuti sakramen tobat, kita dapat lebih pantas menyambut Paskah atau Natal yang indah.

0 Response to "CARA MENGAKU DOSA - IBADAT TOBAT KATOLIK"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel