ARTI HURUF O PADA LAGU-LAGU GEREJA MASA NATAL


Jika kita lebih jeli dan teliti, kita akan sering sekali mendengar huruf O pada lagu-lagu perayaan Natal. Banyak dari antara kita tidak tahu dan paham akan huruf O dari lagu-lagu natal. Sebenarnya apa arti huruf O dalam lagu-lagu gereja pada masa Natal? Biasanya seruan O pada lagu natal dan dilanjutkan dengan gelar Yesus atau Mesias yang di nubuatkan oleh nabi Yesaya. 
Huruf O didepan gelar mesias merupakan kepanjangan dari kata Ero Cras atau di singkat O Cras yang berasal dari bahasa latin artinya Besok Aku Akan Datang.  Jadi makna dari huruf O itu adalah merupakan seruan bahwa Yesus akan datang dan hadir di dunia. 
Penggunaan huruf O dalam lagu-lagu gereja hanya akan didengar menjelang natal saja. Biasanya dalam waktu pertengahan natal anatra tanggal 17 sampai dengan 23 Desember lagu-lagu natal yang bernuansa huruf O ini. 
Untuk penggunaan huruf O dalam masa natal ada waktu-waktu yang ditentukan dalam penggunaan gelar mesias ini. Kita akan mencoba untuk melihat penggunaan huruf O dalam lagu-lagu gereja dan gelar mesias berdasarkan waktu masa natal.
  1. 17 Desember: O Sapienta yang artinya yaitu (O Tuhan yang maha bijaksana)
  2. 18 Desember: O Adonai yang artinya yaitu (O Tuhan pemimpin umat)
  3. 19 Desember: O Radix Jesse yang artinya yaitu (Akar Isai)
  4. 20 Desember: O Clavis David yang artinya yaitu (Kunci Daud)
  5. 21 Desember: O Oriens yang artinya yaitu (Surya Pagi)
  6. 22 Desember: O Rex Gentium yang artinya yaitu (O Raja para bangsa)
  7. 23 Desember: O Emanuel yang artinya yaitu (Allah beserta kita)

Ungkapan huruf O ini yang berarti Aku Akan datang menunjukan bahwa Yesus sang mesias, sebentar lagi akan hadir dan lahir kedalam dunia. Yesus yang adalah sang juru selamat manusia menjadi penantian bagi umat manusia. Dan Yesus yang mengubah dunia menjadi lebih beriman dengan segala kekuasaan yang Allah berikan lewat tanda dan mukjizat yang nyata. 
Semoga dengan penjelasan diatas menjadikan kita sebagai umat Allah yang beriman menjadi paham dan tahu bagaimana menyikapi kedatangan Yesus Kristus sang juru selamat manusia.

0 Response to "ARTI HURUF O PADA LAGU-LAGU GEREJA MASA NATAL"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel