RENUNGAN HARIAN KATOLIK (KAMIS, 13 JUNI 2024)



RENUNGAN HARIAN KATOLIK

KAMIS, 13 JUNI 2024

Perayaan Wajib St. Antonius dr Padua

1Raj 18:41-46; Mzm 65:10abcd.10e-11.12-13; Mat 5:20-26;

BcO Flp 3:1-16

Warna Liturgi Putih

Maka Aku berkata kepadamu: Jika hidup keagamaanmu tidak lebih benar dari pada hidup keagamaan ahli-ahli Taurat dan orang-orang Farisi, sesungguhnya kamu tidak akan masuk ke dalam Kerajaan Sorga. Kamu telah mendengar yang difirmankan kepada nenek moyang kita: Jangan membunuh; siapa yang membunuh harus dihukum. Tetapi Aku berkata kepadamu: Setiap orang yang marah terhadap saudaranya harus dihukum; siapa yang berkata kepada saudaranya: Kafir! harus dihadapkan ke Mahkamah Agama dan siapa yang berkata: Jahil! harus diserahkan ke dalam neraka yang menyala-nyala. Sebab itu, jika engkau mempersembahkan persembahanmu di atas mezbah dan engkau teringat akan sesuatu yang ada dalam hati saudaramu terhadap engkau, tinggalkanlah persembahanmu di depan mezbah itu dan pergilah berdamai dahulu dengan saudaramu, lalu kembali untuk mempersembahkan persembahanmu itu. Segeralah berdamai dengan lawanmu selama engkau bersama-sama dengan dia di tengah jalan, supaya lawanmu itu jangan menyerahkan engkau kepada hakim dan hakim itu menyerahkan engkau kepada pembantunya dan engkau dilemparkan ke dalam penjara. Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya engkau tidak akan keluar dari sana, sebelum engkau membayar hutangmu sampai lunas.

Renungan 

Dalam lubuk hati kita yang paling dalam, kita ingin berjuang untuk membersihkan hati kita dari dosa. Walaupun kadang-kadang tidak mudah, kita selalu berjuang. Maka, bagi Yesus, memperkecil ruang iblis menguasai kita adalah keharusan. Jangan memberikan keleluasaan bagi kekuatan iblis dalam hidup kita. Persempit ruang gerak bagi iblis dalam hidup kita. Bahkan, bila perlu dan sangat perlu tidak memberikan ruang gerak iblis dalam hati kita. Maka, Yesus menghendaki kita agar menjauhkan dosa dari hidup kita. Jika firman Tuhan mengatakan, jangan membunuh, Yesus menegaskan lagi kepada kita, bukan hanya jangan membunuh, melainkan janganlah marah kepada sesama. Bahkan, jangan mengatakan sesama kafir dan juga jangan jahil. Yesus menghendaki agar hati kita makin hari makin bersih dan terbebas dari dosa. Maka, janganlah mengatakan bahwa tidak mungkin semua itu terjadi. Sebab bagi kita tidak mungkin, tetapi bagi Allah semuanya menjadi mungkin. Utamakan Tuhan dalam hidup kita. Maka, Dia akan membuka jalan. 

Mengapa harus takut? Terus berjuang dan jangan hanya mengandalkan kekuatan sendiri. Jangan hanya diam dan mengatakan bahwa Tuhan akan menyelesaikan semuanya. Sebab Tuhan menghendaki agar kita juga bisa diajak bekerja sama dengan Dia, dalam melawan kekuatan jahat. Maka, percayalah bahwa keterbukaan kita untuk bekerja sama dan berdialog dengan Tuhan adalah jembatan kecil untuk mempersempit gerak iblis dalam hidup kita. 

Ya Tuhan, bimbinglah kami agar kami mampu hidup sesuai kehendak-Mu serta mampu menghadapi segala godaaan dan pencobaan dalam hidup kami. Amin.  

0 Response to "RENUNGAN HARIAN KATOLIK (KAMIS, 13 JUNI 2024)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel