RENUNGAN HARIAN KATOLIK (RABU, 12 JUNI 2024)

RENUNGAN HARIAN KATOLIK

RABU, 12 JUNI 2024

Hari Biasa

1Raj 18:20-39; Mzm 16:1-2a.4.5.8.11; Mat 5:17-19.

BcO Flp 2:12-30

Warna Liturgi Hijau

"Janganlah kamu menyangka, bahwa Aku datang untuk meniadakan hukum Taurat atau kitab para nabi. Aku datang bukan untuk meniadakannya, melainkan untuk menggenapinya. Karena Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya selama belum lenyap langit dan bumi ini, satu iota atau satu titikpun tidak akan ditiadakan dari hukum Taurat, sebelum semuanya terjadi. Karena itu siapa yang meniadakan salah satu perintah hukum Taurat sekalipun yang paling kecil, dan mengajarkannya demikian kepada orang lain, ia akan menduduki tempat yang paling rendah di dalam Kerajaan Sorga; tetapi siapa yang melakukan dan mengajarkan segala perintah-perintah hukum Taurat, ia akan menduduki tempat yang tinggi di dalam Kerajaan Sorga.

Renungan 

Di antara kita pasti banyak yang setuju bahwa yang utama adalah penghargaan pada manusia, bukan pada aturan-aturan. Memang, sebagian besar aturan dan tuntunan dalam hidup rohani biasanya baik dan benar adanya. Namun, hal yang utama adalah bagaimana sikap manusia terhadap aturan-aturan itu. Yesus menegaskan bahwa apa yang sudah dianugerahkan Allah dalam Taurat baik dan benar adanya. Sungguh bisa menjadi tuntunan dan arah langkah rohani untuk mendekat kepada-Nya. Maka, Dia mengatakan bahwa kedatangan-Nya tidak menghilangkan sedikit pun apa yang ada dalam Taurat, melainkan menggenapinya. 

Mari kita selalu belajar untuk mawas diri akan hidup kita. Mempunyai hati dan pemikiran yang kritis akan ajaran iman harus dan boleh-boleh saja. Namun, yang utama adalah kita berjuang sungguh-sungguh untuk terlebih dahulu mendalaminya. Kita berjibaku terlebih dahulu dengan jatuh bangunnya iman kekatolikan kita, sembari mengembangkan akal budi kita untuk mengkritisi semuanya. Semoga di sanalah kita akan menemukan kedalaman iman dan pengetahuan iman. 

Jangan takut. Semua harus dalam pergumulan. Bahkan, pada saat kita jatuh dan tak memahami apa yang Tuhan kehendaki, janganlah menyerah dan putus asa. Jangan-jangan itu menjadi jalan-jalan kecil kita untuk menemukan pencerahan rohani dan keteguhan iman. 

Tuhan, semoga kami tetap rendah hati dalam menghadapi pergumulan hidup dan iman yang kadang-kadang tidak mudah ini. Amin. 

0 Response to "RENUNGAN HARIAN KATOLIK (RABU, 12 JUNI 2024)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel