RENUNGAN HARIAN KATOLIK (JUMAT, 14 JUNI 2024)



RENUNGAN HARIAN KATOLIK

JUMAT, 14 JUNI 2024

Hari Biasa

1Raj 19:9a.11-16; Mzm 27:7-8a.8b-9abc.13-14; Mat. 5:27-32.

BcO Flp 3:17-4:9

Warna Liturgi Hijau

Kamu telah mendengar firman: Jangan berzinah. Tetapi Aku berkata kepadamu: Setiap orang yang memandang perempuan serta menginginkannya, sudah berzinah dengan dia di dalam hatinya. Maka jika matamu yang kanan menyesatkan engkau, cungkillah dan buanglah itu, karena lebih baik bagimu jika satu dari anggota tubuhmu binasa, dari pada tubuhmu dengan utuh dicampakkan ke dalam neraka. Dan jika tanganmu yang kanan menyesatkan engkau, penggallah dan buanglah itu, karena lebih baik bagimu jika satu dari anggota tubuhmu binasa dari pada tubuhmu dengan utuh masuk neraka. Telah difirmankan juga: Siapa yang menceraikan isterinya harus memberi surat cerai kepadanya. Tetapi Aku berkata kepadamu: Setiap orang yang menceraikan isterinya kecuali karena zinah, ia menjadikan isterinya berzinah; dan siapa yang kawin dengan perempuan yang diceraikan, ia berbuat zinah.

Renungan 

Aturan hukum Taurat tentu sungguh baik sebagai penuntun bagi orang-orang Yahudi. Sekarang tinggal bagaimana aturan-aturan itu ditaati dan dihidupi dalam keseharian. Janganlah berzina! Titik. Jangan ada "embel-embel" lain. Bahkan, Yesus mengatakan, janganlah mengotori matamu dengan segala pandangan yang "kotor". Karena, pada saat kita mengotori mata, kita sudah mengotori hati. 

Membersihkan hidup dan menyucikan hati adalah tugas yang harus kita lakukan sampai kita menutup mata. Kita memang harus terus-menerus membersihkan dan menyucikan hidup kita. Banyak kotor, maka harus banyak tobat dan banyak bersujud. Jangan keras hati dan keras kepala. Jangan selalu merasa benar. Bahkan, jangan sampai merasa sudah bersih dan paling bersih. Hanya orang yang mau sujud di hadapan Tuhan dengan segala kerendahan hatilah yang akan mendapatkan rahmat pengampunan, dan yang akan sungguh menemukan damai dalam hati, selama hidup di dunia ini. Walaupun kita tahu dan merasa banyak tantangan dan godaan yang terkadang melelahkan, dalam Tuhan ada kekuatan dan tuntunan. Berserahlah kepada-Nya. 

Tuhan, terima kasih Engkau selalu menuntun dan mengingatkan kami agar kami selalu mawas diri serta menyucikan hidup dan hati kami dari dosa. Amin.

0 Response to "RENUNGAN HARIAN KATOLIK (JUMAT, 14 JUNI 2024)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel