RENUNGAN HARIAN KATOLIK (SENIN, 15 APRIL 2024)



RENUNGAN HARIAN KATOLIK

SENIN, 15 APRIL 2024

Hari Biasa

Pekan III Paskah

Kis 6:8-15; Mzm 119:23-24,26-27,29-30; Yoh 6:22-29.

BcO Kis. 8:26-40

Warna Liturgi Putih

Pada keesokan harinya orang banyak, yang masih tinggal di seberang, melihat bahwa di situ tidak ada perahu selain dari pada yang satu tadi dan bahwa Yesus tidak turut naik ke perahu itu bersama-sama dengan murid-murid-Nya, dan bahwa murid-murid-Nya saja yang berangkat. Tetapi sementara itu beberapa perahu lain datang dari Tiberias dekat ke tempat mereka makan roti, sesudah Tuhan mengucapkan syukur atasnya. Ketika orang banyak melihat, bahwa Yesus tidak ada di situ dan murid-murid-Nya juga tidak, mereka naik ke perahu-perahu itu lalu berangkat ke Kapernaum untuk mencari Yesus. Ketika orang banyak menemukan Yesus di seberang laut itu, mereka berkata kepada-Nya: "Rabi, bilamana Engkau tiba di sini?" Yesus menjawab mereka: "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya kamu mencari Aku, bukan karena kamu telah melihat tanda-tanda, melainkan karena kamu telah makan roti itu dan kamu kenyang. Bekerjalah, bukan untuk makanan yang akan dapat binasa, melainkan untuk makanan yang bertahan sampai kepada hidup yang kekal, yang akan diberikan Anak Manusia kepadamu; sebab Dialah yang disahkan oleh Bapa, Allah, dengan meterai-Nya." Lalu kata mereka kepada-Nya: "Apakah yang harus kami perbuat, supaya kami mengerjakan pekerjaan yang dikehendaki Allah?" Jawab Yesus kepada mereka: "Inilah pekerjaan yang dikehendaki Allah, yaitu hendaklah kamu percaya kepada Dia yang telah diutus Allah."

Renungan :

Orang banyak merasa kehilangan Yesus dan para murid-Nya. Karena itu, mereka segera berusaha mencari Dia dengan menaiki perahu-perahu ke seberang laut dan akhirnya menemukan Dia dan para murid-Nya. Di sinilah Yesus memurnikan motivasi mereka dalam mencari Yesus, yaitu bukan sekadar "untuk makanan yang dapat binasa, melainkan untuk makanan yang bertahan sampai kepada hidup yang kekal". Yesus mengajak mereka untuk melihat pergandaan roti sebagai "tanda-tanda" yang membawa mereka untuk "percaya kepada Dia yang telah diutus Allah" 

Stefanus merupakan teladan orang yang percaya pada Yesus. la digambarkan sebagai orang yang penuh dengan karunia dan kuasa, juga mengadakan mukjizat dan tanda-tanda, sehingga para lawannya tidak sanggup melawan hikmatnya dan Roh yang ada dalam dirinya. 

Kalau kita mencari Yesus, kita pasti akan menemukan Dia. Namun, kita harus selalu siap menerima untuk senantiasa dimurnikan oleh-Nya agar kita sungguh memperoleh makanan yang bertahan sampai hidup yang kekal. 

Ya Allah, berilah kami senantiasa roti hidup. Curahkanlah selalu karunia dan kuasa-Mu sehingga kami mampu membawa mukjizat dan tanda-tanda bagi sesama sehingga nama-Mu semakin dimuliakan. Amin. 

0 Response to "RENUNGAN HARIAN KATOLIK (SENIN, 15 APRIL 2024)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel