RENUNGAN HARIAN KATOLIK (MINGGU, 14 APRIL 2024)



RENUNGAN HARIAN KATOLIK

MINGGU, 14 APRIL 2024

HARI MINGGU PASKAH III

Kis. 3:13-15,17-19; Mzm. 4:2,4,7,9; 1Yoh. 2:1-5a; Luk. 24:35-48.

BcO Kis. 8:4-25

Warna Liturgi Putih 

Anak-anakku, hal-hal ini kutuliskan kepada kamu, supaya kamu jangan berbuat dosa, namun jika seorang berbuat dosa, kita mempunyai seorang pengantara pada Bapa, yaitu Yesus Kristus, yang adil. Dan Ia adalah pendamaian untuk segala dosa kita, dan bukan untuk dosa kita saja, tetapi juga untuk dosa seluruh dunia. Dan inilah tandanya, bahwa kita mengenal Allah, yaitu jikalau kita menuruti perintah-perintah-Nya. Barangsiapa berkata: Aku mengenal Dia, tetapi ia tidak menuruti perintah-Nya, ia adalah seorang pendusta dan di dalamnya tidak ada kebenaran. Tetapi barangsiapa menuruti firman-Nya, di dalam orang itu sungguh sudah sempurna kasih Allah; dengan itulah kita ketahui, bahwa kita ada di dalam Dia.

Renungan 

Setelah mata dua murid yang dalam perjalanan ke Emaus terbuka, "bangunlah mereka dan langsung kembali ke Yerusalem". Memang pengalaman akan Yesus yang bangkit tidak cukup hanya menjadi pengalaman pribadi, namun harus membuat kita bangun dan pergi. Demikian juga dalam kisah Injil hari ini, para murid yang mengalami Yesus yang bangkit harus menjadi saksi dan menerima perutusan. Kita juga dipanggil menjadi saksi dan menerima perutusan itu. 

Yesus meminta agar "berita tentang pertobatan dan pengampunan dosa harus disampaikan kepada segala bangsa". Dalam Kisah Para Rasul juga diceritakan bahwa Petrus menegaskan agar orang-orang sadar dan bertobat supaya dosa-dosa mereka dihapuskan. Itulah penyelamatan yang diwartakan oleh Yesus. Yesus adalah pendamaian untuk segala dosa kita, bahkan dosa seluruh dunia (1Yoh. 2:2). 

Dewasa ini, warta tentang pendamaian dan pengampunan dosa ini memang semakin mendesak untuk dilakukan. Kita bisa melihat dan merasakan betapa suasana saling menyingkirkan, saling berselisih, saling bermusuhan, saling membenci, saling berperang, dan saling membunuh menjadi fenomena yang sering terjadi. Dalam dunia seperti ini, semakin dibutuhkan "nabi-nabi cinta kasih dan pendamaian". Itulah kita. 

Ya Yesus, semoga kami senantiasa semakin teguh dalant iman dan giat dalam pewartaan sebagai saksi pertobatan dan pengampunan dosa. Amin.

0 Response to "RENUNGAN HARIAN KATOLIK (MINGGU, 14 APRIL 2024)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel