RENUNGAN HARIAN KATOLIK (SELASA, 16 APRIL 2024)



RENUNGAN HARIAN KATOLIK

SELASA, 16 APRIL 2024

Hari Biasa

Pekan III Paskah

Kis 7:51-8:1a; Mzm 31:3cd-4,6ab,7b,8a,17,21ab; Yoh 6:30-35.

BcO Kis 9:1-22

Warna Liturgi Putih

Maka kata mereka kepada-Nya: "Tanda apakah yang Engkau perbuat, supaya dapat kami melihatnya dan percaya kepada-Mu? Pekerjaan apakah yang Engkau lakukan? Nenek moyang kami telah makan manna di padang gurun, seperti ada tertulis: Mereka diberi-Nya makan roti dari sorga." Maka kata Yesus kepada mereka: "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya bukan Musa yang memberikan kamu roti dari sorga, melainkan Bapa-Ku yang memberikan kamu roti yang benar dari sorga. Karena roti yang dari Allah ialah roti yang turun dari sorga dan yang memberi hidup kepada dunia." Maka kata mereka kepada-Nya: "Tuhan, berikanlah kami roti itu senantiasa." Kata Yesus kepada mereka: "Akulah roti hidup; barangsiapa datang kepada-Ku, ia tidak akan lapar lagi, dan barangsiapa percaya kepada-Ku, ia tidak akan haus lagi.

Renungan 

Bagi bangsa Israel, mukjizat "manna di padang gurun" merupakan tanda yang amat mengagumkan dan selalu dikenang. Manna yang diberikan Bapa itu telah memberikan hidup kepada umat Israel. Lalu, Yesus pun mengambil tanda itu secara baru, "Akulah roti hidup!" yang turun dari surga. Siapa saja yang datang dan percaya kepada-Nya tidak akan lapar dan haus lagi. Roti merupakan makanan pokok pada waktu itu. Maka, dengan perumpamaan itu Yesus ingin mengatakan bahwa diri-Nya sangat penting bagi hidup manusia. Tentu saja di sini Yesus tidak memaksudkannya bagi hidup di dunia ini saja, tetapi untuk hidup yang kekal. Yesus memperlawankan antara manna yang hanya memberikan hidup sementara di dunia ini dengan diri-Nya yang merupakan "Roti Hidup" untuk kehidupan kekal. 

Stefanus telah makan "Roti Hidup" itu. Itulah yang memberi dia kekuatan ketika dianiaya. Bahkan, ia memandang hidup kekal itu dengan mengatakan, "Sungguh, aku melihat langit terbuka dan Anak Manusia berdiri di sebelah kanan Allah." 

Ya Tuhan, Engkau bersabda, "Siapa saja yang datang kepada-Ku, ia tidak akan Kubuang." Undanglah kami ya Tuhan untuk selalu rindu mencari "Roti Hidup" agar kami percaya dan memperoleh hidup yang kekal. Amin. 

0 Response to "RENUNGAN HARIAN KATOLIK (SELASA, 16 APRIL 2024)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel