RENUNGAN HARIAN KATOLIK (SABTU, 27 APRIL 2024)



RENUNGAN HARIAN KATOLIK

SABTU, 27 APRIL 2024

Hari Biasa Pekan

IV Paskah

Kis. 13:44-52; Mzm. 98:1,2-3ab,3cd-4; Yoh. 14:7-14.

BcO Kis,.15:36-16:15

Warna Liturgi Putih

Sekiranya kamu mengenal Aku, pasti kamu juga mengenal Bapa-Ku. Sekarang ini kamu mengenal Dia dan kamu telah melihat Dia." Kata Filipus kepada-Nya: "Tuhan, tunjukkanlah Bapa itu kepada kami, itu sudah cukup bagi kami." Kata Yesus kepadanya: "Telah sekian lama Aku bersama-sama kamu, Filipus, namun engkau tidak mengenal Aku? Barangsiapa telah melihat Aku, ia telah melihat Bapa; bagaimana engkau berkata: Tunjukkanlah Bapa itu kepada kami. Tidak percayakah engkau, bahwa Aku di dalam Bapa dan Bapa di dalam Aku? Apa yang Aku katakan kepadamu, tidak Aku katakan dari diri-Ku sendiri, tetapi Bapa, yang diam di dalam Aku, Dialah yang melakukan pekerjaan-Nya. Percayalah kepada-Ku, bahwa Aku di dalam Bapa dan Bapa di dalam Aku; atau setidak-tidaknya, percayalah karena pekerjaan-pekerjaan itu sendiri. Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya barangsiapa percaya kepada-Ku, ia akan melakukan juga pekerjaan-pekerjaan yang Aku lakukan, bahkan pekerjaan-pekerjaan yang lebih besar dari pada itu. Sebab Aku pergi kepada Bapa; dan apa juga yang kamu minta dalam nama-Ku, Aku akan melakukannya, supaya Bapa dipermuliakan di dalam Anak. Jika kamu meminta sesuatu kepada-Ku dalam nama-Ku, Aku akan melakukannya."

Renungan 

Sering kali kita mendapat pertanyaan tentang Allah, bahkan kadang-kadang bernada menyerang. Kita sendiri juga sering kali mempertanyakan tentang Allah, kehadiran-Nya, khususnya pada saat-saat sulit hidup kita. Bisa jadi kita bertanya seperti Filipus, "Tuhan, tunjukkanlah Bapa itu kepada kami, itu sudah cukup bagi kami."

Memang satu hal yang amat penting adalah mengenal Allah yang hidup secara pribadi. Maka, pengenalan akan Allah bukan pertama-tama dan terutama pengetahuan tentang konsep-konsep. Yesus menegaskan bahwa untuk mengenal Bapa cukup melihat apa yang dikatakan Yesus atau setidak-tidaknya "pekerjaan-pekerjaan itu sendiri". Dalam Yesus kita bisa mengenal Allah yang baik, yang mencintai kita tanpa syarat dan sehabis-habisnya. Pengenalan dan kepercayaan seperti itu memiliki daya yang sungguh luar biasa. "Siapa saja yang percaya kepada-Ku, ia akan melakukan juga pekerjaan yang Aku lakukan, bahkan pekerjaan-pekerjaan yang lebih besar daripada itu." Tuhan, semoga kami semakin mampu mengenal Bapa dalam sabda dan karya-Mu. 

Semoga akhirnya kami pun mampu memperkenalkan Bapa melalui kata-kata dan perbuatan kami. Amin. 

0 Response to "RENUNGAN HARIAN KATOLIK (SABTU, 27 APRIL 2024)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel