RENUNGAN HARIAN KATOLIK (JUMAT, 26 APRIL 2024)



RENUNGAN HARIAN KATOLIK

JUMAT, 26 APRIL 2024

Hari Biasa Pekan

IV Paskah

Kis. 13:26-33; Mzm. 2:6-7,8-9,10-11; Yoh. 14:1-6.

BcO Kis. 15:5-35

Warna Liturgi Putih

"Janganlah gelisah hatimu; percayalah kepada Allah, percayalah juga kepada-Ku. Di rumah Bapa-Ku banyak tempat tinggal. Jika tidak demikian, tentu Aku mengatakannya kepadamu. Sebab Aku pergi ke situ untuk menyediakan tempat bagimu. Dan apabila Aku telah pergi ke situ dan telah menyediakan tempat bagimu, Aku akan datang kembali dan membawa kamu ke tempat-Ku, supaya di tempat di mana Aku berada, kamupun berada. Dan ke mana Aku pergi, kamu tahu jalan ke situ." Kata Tomas kepada-Nya: "Tuhan, kami tidak tahu ke mana Engkau pergi; jadi bagaimana kami tahu jalan ke situ?" Kata Yesus kepadanya: "Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorangpun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku.

Renungan 

“Ego sum via, veritas, et vita (Akulah jalan, kebenaran, dan hidup)," kata Yesus. Kata-kata Yesus ini menjawab pertanyaan Tomas tentang jalan ke Rumah Bapa. Penegasan ini sangat penting karena semua orang tentu ingin sampai ke "Rumah Bapa" itu. Memang, salah satu hal yang sangat menggelisahkan dalam hidup kita adalah ketika kita tidak mempunyai tempat tinggal. Namun, lebih menggelisahkan lagi, bahkan menjadi kegelisahan mendasar, ketika kita tidak mendapat "tempat" (relasi) di hati sesama, apalagi di hati Allah. Nah, di sinilah kita mendapatkan kepastian. Bila kita mengikuti jalan Yesus, mengakui kebenaran-Nya, serta menjalani hidup-Nya, kita akan sampai pada Rumah Bapa, menjalin relasi akrab dan bersatu dengan Bapa. 

Yesus seperti apakah sebagai jalan, kebenaran, dan hidup itu? Santo Paulus mewartakan Yesus sebagai "Kabar Keselamatan". Yesus telah dijatuhi hukuman mati, dibaringkan dalam kubur, namun dibangkitkan oleh Allah dan menampakkan diri. Itulah jalan yang harus kita lalui, kebenaran yang kita imani, dan hidup yang harus kita jalani. 

Beritahukanlah jalan-jaIan-Mu kepada kami ya Tuhan, tunjukkanlah itu kepada kami. Hanya satu hal yang kami minta, diam di rumah-Mu seumur hidup kami. Amin. 


0 Response to "RENUNGAN HARIAN KATOLIK (JUMAT, 26 APRIL 2024)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel