RENUNGAN HARIAN KATOLIK (MINGGU, 28 APRIL 2024)



RENUNGAN HARIAN KATOLIK

MINGGU, 28 APRIL 2024

Renungan 

HARI MINGGU PASKAH V

Kis. 9:26-31; Mzm. 22:26b-27,28,30,31-32; 1Yoh. 3:18-24; Yoh. 15:1-8.

BcO Kis. 16:16-40

Warna Liturgi Putih

Paus Fransiskus dalam Seruan Apostolik Gaudete et Exsultate mengatakan, "Masih ada beberapa umat Kristiani masih bersikeras mengambil ... jalan pembenaran oleh usaha diri sendiri, jalan pemujaan kehendak manusia serta kemampuan dirinya" (57). Banyak ilmu pengetahuan, pelatihan yang menawarkan pengembangan diri optimal untuk mengatasi segala persoalan dan mencapai keberhasilan, kesejahteraan, dan kebahagiaan hidup. Dikatakan bahwa keberhasilan dan kebahagiaan sepenuhnya tergantung sejauh mana kita mengembangkan diri. 

Namun, pada kenyataannya, kita sering kali berhadapan dengan misteri-misteri kehidupan dan iman yang tidak kita temukan jawabannya. Bapa Suci justru mengingatkan kita, "Ketika seseorang memiliki jawaban atas setiap pertanyaan, hal itu merupakan suatu tanda bahwa mereka tidak berada pada langkah yang benar" (GeE 41). 

Pada akhirnya, yang harus menjadi satu-satunya sandaran hidup kita adalah Yesus. la mengatakan, "Akulah pokok anggur yang benar ... siapa yang tinggal di dalam Aku dan Aku di dalam dia, ia berbuah banyak sebab di luar Aku kamu tidak bisa berbuat apa-apa." Tinggal di dalam Yesus berarti "percaya akan nama Yesus Kristus . . dan kita saling mengasihi sesuai perintah-Nya ..." (1Yoh. 3:23). 

Saulus setelah sebelumnya menjadi musuh Yesus, akhirnya "tinggal dalam Pokok Anggur" Buah yang dihasilkan adalah keberanian "mengajar dalam nama Tuhan" sehingga jemaat hidup dalam keadaan damai dan takut akan Tuhan serta jumlahnya semakin bertambah besar. Marilah kita senantiasa tinggal dalam Tuhan dan menghasilkan buah berlimpah. 

Ya Tuhan, alirilah diri kami dengan daya hidup-Mu agar kami bisa menghasilkan buah-buah kehidupan dan kesejahteraan bagi sesama. Amin.

0 Response to "RENUNGAN HARIAN KATOLIK (MINGGU, 28 APRIL 2024)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel