RENUNGAN HARIAN KATOLIK (SELASA, 23 JANUARI 2024)



RENUNGAN HARIAN KATOLIK

SELASA, 23 JANUARI 2024

Hari Biasa III

2Sam. 6:12b-15,17-19; Mzm. 24:7,8, 9,10; Mrk. 3:31-35.

BcO Kej 21:1-21.

Warna Liturgi Hijau

Lalu datanglah ibu dan saudara-saudara Yesus. Sementara mereka berdiri di luar, mereka menyuruh orang memanggil Dia. Ada orang banyak duduk mengelilingi Dia, mereka berkata kepada-Nya: "Lihat, ibu dan saudara-saudara-Mu ada di luar, dan berusaha menemui Engkau." Jawab Yesus kepada mereka: "Siapa ibu-Ku dan siapa saudara-saudara-Ku?" Ia melihat kepada orang-orang yang duduk di sekeliling-Nya itu dan berkata: "Ini ibu-Ku dan saudara-saudara-Ku! Barangsiapa melakukan kehendak Allah, dialah saudara-Ku laki-laki, dialah saudara-Ku perempuan, dialah ibu-Ku."

Renungan :

Hari ini Yesus mengajarkan suatu kebenaran tentang Kerajaan Allah. la mengajar tentang realitas kekerabatan spiritual yang lebih tinggi, yaitu keluarga Allah. Kita belajar dari perikop Injil ini tentang Yesus dan keluarga-Nya. 

Pertama, kita menjadi bagian dari keluarga Allah dengan melakukan kehendak-Nya. Yesus berkata, "Siapa saja yang melakukan kehendak Allah, dialah saudara-Ku laki-laki, saudara-Ku perempuan, dan ibu-Ku." Melalui kata-kata ini, relasi biologis dengan Kristus tidak masuk hitungan. Kekeluargaan sejati bukan hanya soal darah dan daging. Di sini Yesus benar-benar menekankan bahwa hubungan rohani lebih unggul daripada ikatan keluarga, apalagi kadang-kadang keluarga kita tidak memahami kita ketika kita melayani Tuhan. 

Kedua, Bunda Maria adalah teladan bagi kita dalam melakukan kehendak Allah. Bunda Maria tidak membanggakan tempat istimewanya dalam sejarah keselamatan. Sebaliknya, ia adalah hamba Tuhan. Kehendak Tuhan adalah yang terpenting dalam hidupnya. Dia mencari kesempurnaan dan kebahagiaannya dari sumber segala kekudusan dan kesempurnaan, yaitu Yesus sendiri. Dengan kata lain, Bunda Maria mengajar kita bagaimana menjadi anggota keluarga Allah. 

Bunda Maria, doakanlah agar kami selalu mengarahkan hati untuk mencari dan melakukan kehendak Allah dalam hidup kami sehari-hari. Amin. 

0 Response to "RENUNGAN HARIAN KATOLIK (SELASA, 23 JANUARI 2024)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel