RENUNGAN HARIAN KATOLIK (MINGGU, 21 JANUARI 2024)



RENUNGAN HARIAN KATOLIK

MINGGU, 21 JANUARI 2024


Hari Minggu Biasa III Hari

Minggu Sabda Allah

Yun. 3:1-5,10; Mzm. 25:4bc-5ab,6-7bc,8-9; 1Kor. 7:29-31; Mrk. 1:14-20.

BcO Kej. 18:1-33.

Warna Liturgi Hijau

Sesudah Yohanes ditangkap datanglah Yesus ke Galilea memberitakan Injil Allah, kata-Nya: "Waktunya telah genap; Kerajaan Allah sudah dekat. Bertobatlah dan percayalah kepada Injil!" Ketika Yesus sedang berjalan menyusur danau Galilea, Ia melihat Simon dan Andreas, saudara Simon. Mereka sedang menebarkan jala di danau, sebab mereka penjala ikan. Yesus berkata kepada mereka: "Mari, ikutlah Aku dan kamu akan Kujadikan penjala manusia." Lalu merekapun segera meninggalkan jalanya dan mengikuti Dia. Dan setelah Yesus meneruskan perjalanan-Nya sedikit lagi, dilihat-Nya Yakobus, anak Zebedeus, dan Yohanes, saudaranya, sedang membereskan jala di dalam perahu. Yesus segera memanggil mereka dan mereka meninggalkan ayahnya, Zebedeus, di dalam perahu bersama orang-orang upahannya lalu mengikuti Dia.

Renungan :

Bacaan hari ini menggambarkan Yesus datang ke Galilea, memulai kehidupan publik dan misi-Nya. Dia mulai mewartakan Injil Allah. Kabar Baik itu diringkas dengan sangat sederhana "Saatnya telah genap, Kerajaan Allah sudah dekat. Bertobatlah dan percayalah kepada Injil." Waktu yang ditunggu telah tiba, yaitu kedatangan Mesias, Raja Penyelamat. Maka, Kerajaan Allah sudah dekat. "Kerajaan" yang dimaksud bukanlah tempat, melainkan jaringan relasi. Mereka yang termasuk di dalamnya adalah yang menerima visi hidup yang ditawarkan Yesus dan mendasarkan hidupnya pada visi hidup itu. "Bertobat" lebih dari sekadar menyesali masa lalu tetapi melibatkan perubahan mendasar dan mendalam (metanoia), yakni perubahan arah dan prioritas dalam hidup kepada yang dikehendaki Allah. Sementara "percaya" kepada Injil berarti bukan hanya menerima sebagai kebenaran apa yang Yesus atau Gereja ajarkan, melainkan lebih dari itu, yaitu melibatkan komitmen total, menyerahkan diri kepada Yesus tanpa syarat. 

Bagian selanjutnya dari Injil hari ini menggambarkan tanggapan luar biasa terhadap panggilan Tuhan. Empat nelayan yang dipanggil segera meninggalkan jala mereka (mata pencaharian mereka) dan mengikuti Yesus. Yakobus dan Yohanes ketika dipanggil seketika itu juga meninggalkan ayah mereka Zebedeus dan orang-orang upahannya. Ini adalah gambaran kepercayaan penuh dan penyerahan diri total. Untuk apa? Sebenarnya, mereka tidak tahu ke mana mereka akan pergi. Mereka tidak tahu apa yang akan terjadi pada masa depan mereka. Ini adalah wujud kepercayaan besar mereka pada pria yang datang tiba-tiba ke dalam hidup mereka dan menantang mereka untuk meninggalkan kenyamanan hidup mereka sehari-hari. Nyatanya, mereka akan mengalami banyak pengalaman tak terduga: sebagian menyenangkan, sebagian lagi penuh penderitaan. Mereka memang akan menjadi "penjala manusia", mengikuti Guru mereka untuk membawa orang kepada cara hidup baru dalam kebenaran, kasih, kebebasan, dan keadilan. Maka, mereka tidak pernah menyesali hari mereka meninggalkan jala dan kenyamanan hidup mereka. Mereka menemukan pengalaman yang melampaui semua impian mereka. 

Tuhan, beranikan kami mengikuti panggilan-Mu tanpa ragu, tanpa syarat. Amin.

0 Response to "RENUNGAN HARIAN KATOLIK (MINGGU, 21 JANUARI 2024)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel