RENUNGAN HARIAN KATOLIK (SABTU, 20 JANUARI 2024)



RENUNGAN HARIAN KATOLIK

SABTU, 20 JANUARI 2024

Fabianus, Sebastianus

2Sam. 1:1-4,11-12,19,23-27; Mzm. 80:2-3,5-7; Mrk. 3:20-21.

Warna Liturgi Hijau

Kemudian Yesus masuk ke sebuah rumah. Maka datanglah orang banyak berkerumun pula, sehingga makanpun mereka tidak dapat. Waktu kaum keluarga-Nya mendengar hal itu, mereka datang hendak mengambil Dia, sebab kata mereka Ia tidak waras lagi.

Renungan :

Injil hari ini sangat pendek, hanya dua ayat. Dalam kisah Injil singkat ini, kerabat Yesus agak gusar terhadap-Nya. Mereka menganggap Dia sudah gila. Mungkin karena Dia dianggap sudah tidak peduli dengan diri sendiri, kerap melewatkan waktu makan dan hanya sibuk mengurusi orang lain sehingga tidak mempunyai waktu untuk beristirahat. Atau Dia dianggap gila karena sering kali berkonflik dengan para pemimpin agama, dan malah sering terlihat menikmati waktu bersama para pendosa, pemungut cukai, pelacur, penderita kusta, dan orang-orang terbuang. 

Dalam pengalaman Yesus kita melihat bahwa bahkan orang-orang terdekat pun bisa gagal memahami apa yang Dia lakukan. Maka, setiap pengikut-Nya yang mau berjuang bersama Dia tidak boleh berharap bahwa akan dikagumi, dihormati, dan dicintai sebagai balasan terhadap segala upaya baik yang dilakukan. Sejak masa hidup Yesus dan seterusnya, setiap pengikut-Nya yang sejati telah menghadapi kesalahpahaman, pertentangan, dan bahkan kekerasan verbal dan fisik. Hal-hal itu kadang-kadang datang dari dalam komunitas Yesus sendiri. Yesus saja mengalami hal-hal seperti itu, apalagi kita. Siapkah kita menghadapinya? 

Ya Yesus, berilah kami kekuatan dan kegigihan dalam pelayanan, teristimewa ketika kami menghadapi tantangan dari orang-orang terdekat kami. Amin.


0 Response to "RENUNGAN HARIAN KATOLIK (SABTU, 20 JANUARI 2024)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel