RENUNGAN HARIAN KATOLIK (MINGGU, 14 JANUARI 2024)



RENUNGAN HARIAN KATOLIK

MINGGU, 14 JANUARI 2024

Hari Minggu Biasa XXIV

1Sam. 3:3b-10.19

1Kor. 6:13c-15a,17-20

Yoh. 1:15-42

Warna Liturgi Hijau

Sekali peristiwa Yohanes berada di tempat ia membaptis orang di Sungai Yordan, sedang berbincang-bincang dengan dua orang muridnya. Ketika melihat Yesus lewat, Yohanes berkata, "Lihatlah Anak domba Allah!" Mendengar apa yang dikatakan Yohanes, kedua murid itu pergi mengikuti Yesus. Tetapi Yesus menoleh ke belakang. Melihat bahwa mereka mengikut Dia, Yesus lalu berkata kepada mereka, "Apakah yang kamu cari?" Kata mereka kepada-Nya, "Rabi (artinya: Guru), di manakah Engkau tinggal?" Yesus berkata kepada mereka, "Marilah, dan kamu akan melihatnya." Merekapun datang dan melihat di mana Ia tinggal, dan hari itu mereka tinggal bersama-sama dengan Dia. Waktu itu kira-kira pukul empat. Salah seorang dari kedua murid yang mendengar perkataan Yohanes lalu mengikut Yesus adalah Andreas, saudara Simon Petrus. Andreas mula-mula bertemu dengan Simon, saudaranya, dan ia berkata kepadanya, "Kami telah menemukan Mesias (artinya: Kristus)." Lalu Andreas membawa Simon kepada Yesus. Yesus memandang dia dan berkata, "Engkau Simon, anak Yohanes, engkau akan dinamakan Kefas (artinya: Petrus)."

Renungan :

Bacaan-bacaan hari ini berkisah tentang panggilan Tuhan. Panggilan bukan hanya untuk segelintir orang terpilih. Setiap orang dipanggil oleh Tuhan untuk menjadi sesuatu, untuk menjadi berarti bagi orang lain lewat berbagi hidup dan karunia yang telah diterima. 

Samuel, dalam Bacaan Pertama, pada awalnya tidak menyadari panggilan Tuhan. Suara Tuhan yang memanggil dikiranya suara Eli. Eli, yang kemudian menyadari apa yang terjadi, memberikan isyarat bahwa "lilhanlah yang sesungguhnya telah memanggil Samuel. Samuel mendengarkan dengan saksama apa yang Tuhan katakan. Pada gilirannya, dia menyampaikan apa yang dia dengar kepada orang lain. Firman Tuhan tidak pernah disimpan hanya untuk dirinya sendiri. la tidak berbuat seperti orang yang menyimpan talenta yang telah diberikan kepadanya, dibungkus dengan kain dan dikubur di dalam tanah. 

Injil juga berkisah tentang panggilan, atau lebih tepatnya, tentang panggilan kedua. Ini terjadi pada dua pemuda yang sebenarnya sudah menjadi murid Yohanes Pembaptis. Yohanes menunjukkan Yesus kepada mereka, "Lihatlah Anak Domba Allah!" Dua murid itu mengikuti Yesus. Yesus berbalik dan bertanya kepada mereka, "Apa yang kamu cari?" Sebagai murid-murid Yesus, kepada kita pun diajukan pertanyaan yang sama. Umumnya, kita cenderung berpikir bahwa kita seharusnya bertanya, "Apa yang Tuhan inginkan?" Akan tetapi, kali ini Tuhan juga ingin tahu apa yang kita cari, apa yang kita inginkan. Jawaban kita akan menunjukkan apa sesungguhnya prioritas kita sehubungan dengan Tuhan, orang lain, dan dunia sekitar kita. Apa yang sesungguhnya kita inginkan dari hidup ini? Apa yang sesungguhnya kita inginkan dari Tuhan? Apa kerinduan terdalam kita? 

Tuhan, arahkanlah hati dan budi kami agar apa yang kami cari dan rindukan dalam hidup ini adalah segala hal yang membawa kami semakin dekat kepada-Mu. Amin.


0 Response to "RENUNGAN HARIAN KATOLIK (MINGGU, 14 JANUARI 2024)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel