RENUNGAN HARIAN KATOLIK (SABTU, 30 DESEMBER 2023)



RENUNGAN HARIAN KATOLIK

SABTU,  30 DESEMBER 2023

Hari keenam dalam Oktaf Natal

1Yoh 2:12-17; Mzm. 96:7-8a,8b-9,10; Luk. 2:36-40.

BcO Kid. 1:12-2:7

Warna Liturgi Putih

Lagipula di situ ada Hana, seorang nabi perempuan, anak Fanuel dari suku Asyer. Ia sudah sangat lanjut umurnya. Sesudah kawin ia hidup tujuh tahun lamanya bersama suaminya, dan sekarang ia janda dan berumur delapan puluh empat tahun. Ia tidak pernah meninggalkan Bait Allah dan siang malam beribadah dengan berpuasa dan berdoa. Dan pada ketika itu juga datanglah ia ke situ dan mengucap syukur kepada Allah dan berbicara tentang Anak itu kepada semua orang yang menantikan kelepasan untuk Yerusalem. Dan setelah selesai semua yang harus dilakukan menurut hukum Tuhan, kembalilah mereka ke kota kediamannya, yaitu kota Nazaret di Galilea. Anak itu bertambah besar dan menjadi kuat, penuh hikmat, dan kasih karunia Allah ada pada-Nya.

Renungan :

Yohanes dalam suratnya yang pertama mengajak para pengikut Tuhan untuk tidak terikat pada hal-hal duniawi dan tenggelam dalam aneka urusan hidup sekarang. Kita juga mesti selalu mengarahkan diri pada urusan surgawi dan kehidupan yang kekal. "Sebab semua yang ada di dunia, yaitu keinginan daging dan keinginan mata serta keangkuhan hidup, bukanlah berasal dari Bapa, melainkan dari dunia. Dan dunia ini sedang lenyap dengan keinginannya, tetapi orang yang melakukan kehendak Allah tetap hidup selama-lamanya" (1 Yoh. 2:16-17). 

Kerinduan akan Tuhan seperti itulah yang mendorong Hanna menghabiskan hari-hari hidupnya di sekitar Bait Allah. Nabi perempuan itu hingga usia tuanya menantikan penghiburan Tuhan bagi Israel dengan berdoa dan berpuasa setiap hari. Hanna pun bersukacita karena bertemu Tuhan dalam perjumpaan dengan kanak-kanak Yesus di Bait Allah. 

Kita tentu tidak dapat menghindari aneka kesibukan pekerjaan dan urusan duniawi untuk kehidupan sekarang. Namun, semua itu tidak boleh membuat kita lupa akan kehidupan abadi yang menjadi tujuan akhir dari seluruh ziarah kita. Di tengah kesibukan itu, baiklah hati kita tetap terarah pada Tuhan. 

Ya Bapa, semoga perayaan kelahiran Putra-Mu pada hari Natal mengantar kami pada perjumpaan dengan-Mu. Dialah sumber penghiburan dan penuntun bagi kami dalam perjalanan menuju hidup kekal. Amin.

0 Response to "RENUNGAN HARIAN KATOLIK (SABTU, 30 DESEMBER 2023)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel